Bupati Malang HM. Sanusi saat memberikan replika kunci mobil sebagai bentuk simbolis pemberian satu unit mobil untuk operasional PGRI Kabupaten Malang, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Bupati Malang HM. Sanusi saat memberikan replika kunci mobil sebagai bentuk simbolis pemberian satu unit mobil untuk operasional PGRI Kabupaten Malang, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Masalah perjuangan kesejahteraan guru, terutama guru honorer masih menjadi pekerjaan rumah di berbagai daerah termasuk Kabupaten Malang. PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Malang berharap, Bupati Malang HM Sanusi bisa konsisten mengawal upaya penyejahteraan guru. 

Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto mengatakan bahwa para anggota PGRI yang sebagian merupakan guru honorer dan tidak terikat dalam sistem kepegawaian ASN (Aparatur Sipil Negara) itu menginginkan seorang pemimpin yang peduli dengan nasib guru dan pendidikan.

Baca Juga : Sikapi Perubahan Ketentuan Kampanye, Ini Respons Bupati Malang

 

"PGRI itu pinginnya pemimpin-pemimpin yang perhatian kepada pendidikan, perhatian kepada guru, itu tok," tegas pria yang akrab disapa Dwi ini.

Meskipun tidak secara kelembagaan organisasi PGRI untuk terlibat politik praktis, Dwi mengatakan anggota PGRI Kabupaten Malang pasti mendukung para pemimpin yang peduli dengan dunia pendidikan.

"Jadi siapapun yang mimpin Kabupaten Malang ya harus perhatian kepada guru, perhatian kepada pendidikan, itu didukung oleh PGRI," jelasnya.

Dwi pun menilai bahwa kepemimpinan Sanusi selama satu tahun terakhir sudah cukup baik. Jika kepemimpinan Sanusi konsisten seperti saat ini, lanjut Dwi, pihaknya akan mengapresiasi penuh kinerja Sanusi di lima tahun mendatang.

"Insya Allah kalau konsisten seperti kemarin (satu tahun ke belakang, red), top wes," ujarnya.

Dwi pun menjelaskan yang dimaksud dengan konsisten seperti kemarin (satu tahun ke belakang) yakni ketika Sanusi peduli dengan nasib guru dan peduli dengan pendidikan. 

Baca Juga : Terkait Perubahan PKPU, Ketua KPU Kabupaten Malang Sudah Terima Surat Cuti dari Petahana

 

"Mau memberi target, minta nilai tahun depan tambah lagi, tambah lagi, terus kesejahteraan, ini perbupnya sudah mau di keluarkan," jelasnya.

Sementara itu, Sanusi menanggapi respons baik dari para anggota PGRI Kabupaten Malang yang menilai dirinya telah berkontribusi banyak dalam dunia pendidikan di Kabupaten Malang.

"Ya itu bagian dari naluri mereka, saya persilahkan kepada mereka (anggota PGRI Kabupaten Malang, red). Sebagai manusia biasa tentunya kalau di respon baik, kita hargai," ungkapnya.

Sanusi menyebut bahwa dirinya akan memegang aspirasi para guru tersebut sebagai salah satu isu strategis yang dikawal untuk diperjuangkan lima tahun mendatang.