Wartawan media ini saat mendatangi lokasi kejadian pelaku curanmor yang menyatu menjadi pemulung (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wartawan media ini saat mendatangi lokasi kejadian pelaku curanmor yang menyatu menjadi pemulung (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat saat ini harus lebih waspada terhadap pelaku kejahatan. Sebab, mereka saat ini kerap menyamar untuk tidak membuat kecurigaan warga saat beraksi.

Seperti halnya pelaku curanmor di Jalan Satria Barat, Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Senin (14/9/2020). 

Baca Juga : Seorang Ibu Naik Motor Dijambret, Aksinya Terekam CCTV, Videonya Viral di Medsos

Pelaku curanmor di lokasi tersebut, terekam CCTV tengah berupaya mencuri motor milik Muhammad Soleh alias Megi yang terparkir di depan rumah sekitar pukul 09.30 WIB.

Pelaku curanmor menyamar menjadi pemulung untuk menghindari kecurigaan warga sekitar. Saat itu, diceritakan salah satu warga sekitar, jika pelaku sebelumnya sempat diketahui oleh warga. Namun warga tak curiga jika pelaku merupakan maling.

Pelaku sempat membawa sebuah karung yang diletakkan di belakang badannya agar meyakinkan jika dirinya merupakan pemulung. Saat itu, pelaku juga sempat terlihat membawa sebuah tas slempang yang terlihat dimasukan ke dalam karung.

Setelah itu pelaku masuk ke dalam gang menuju rumah korban. Ketika melihat sepeda korban terparkir di depan rumah, pelaku kemudian terlihat memantau situasi sekitar. Ketika terdapat seorang warga yang melintas, pelaku kemudian bersembunyi di belakang sumur yang berada di dekat lokasi.

"Ya setelah lihat situasi, clingukan. Pelaku langsung nyoba buka kuncinya. Kebetulan waktu itu kuncinya tidak tertutup," jelas warga yang menolak disebut namanya tersebut.

Meskipun berupaya keras merusak kunci motor yang terkunci stang ke kanan, namun aksi pelaku tetap saja gagal. Hal ini setelah kunci T yang ia gunakan untuk merusak kunci motor patah.

"Setelah gagal itu, dia langsung pergi. Ya jalan biasa lewat samping rumah. Mungkin ada warga ada yang sempat melihat jelas wajahnya," ungkapnya.

Sementara itu, korban baru mengetahui jika motor miliknya menjadi sasaran maling sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, ia akan menjemput istrinya menggunakan motor yang akan dicuri tersebut, namun urung lantaran kunci kontak tak bisa.

Baca Juga : Olahraga di Lapangan Rampal, Remaja Ini Malah Rugi Jutaan

"Karena kuncinya nggak bisa kemudian pinjam sepeda saudaranya. Setelah itu dilihat lagi motornya, ternyata ada kunci yang menancap di dalam lubang kunci. Dari situ dilihat lagi ternyata motornya mau dicuri," bebernya.

Pasca kejadian, korban diketahui belum melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Saat ini sepeda motor korban sendiri tengah dalam perbaikan karena kerusakan pada kontak motor.

Mengenai kasus curanmor tersebut, Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan mengamankan kendaraannya pada lokasi yang mudah terpantau.

"Memang saat ini kasus curanmor mulai marak, makanya masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati lagi mengamankan kendaraannya. Parkir di tempat yang terpantau, pasang kunci ganda, kunci stang ke kanan sehingga setidaknya memperlambat pelaku dalam beraksi," pungkasnya.