Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Kolaborasi, Bidang P2P Dinkes Kota Malang Gencarkan Germas Lawan Covid-19

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Sep - 2020, 11:53

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kepedulian pencegahan covid-19 di masyarakat masih minim. Hal ini menjadi perhatian khusus Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang untuk terus bergerak secara masif.

Salah satunya  sistem kolaborasi yang dilakukan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)  bersama Bidang Kesehatan Masayarakat (Kesmas) Dinkesmelalui promosi kesehatan (promkes). Kedua bidang di Dinkes itu rutin menggelar kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Pencegahan Covid-19 di setiap posyandu di seluruh Kota Malang.

Baca Juga : Cegah Klaster Pilkada, Dinkes Minta KPU Laksanakan Poin-Poin Ini

 

"Sudah terjadwal kegiatan Germas Pencegahan Covid-19 tahun 2020 ini. Nah kita masuk di situ, dengan kegiatan penyuluhan di setiap posyandu yang ada di Kota Malang," ujar Kabid P2P Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif.

Menurut Husnul, program ini yang tengah menjadi pripritasnya. Sebab, hingga saat ini pemahaman akan pencegahan covid-19 masih perlu diperkuat di lingkungan masyarakat. 

Sehingga, dengan rutinnya penyuluhan Germas Pencegahan Covid-19 ini, masyarakat diharapkan mampu secara mandiri untuk mencegah penularan virus. Pun  bersama keluarga dan lingkungannya.

"Ini yang menjadi prioritas kami saat ini. Memang masyarakat masih perlu pemahaman yang lebih kuat lagi untuk covid-19 ini. Sehingga, semua warga diharapkan paham dan bisa mencegah dirinya sendiri minimal juga sama keluarga dan lingkungan," imbuh Husnul.

Baca Juga : Soal Vaksin Covid-19, Kota Malang Masih Tunggu Hasil dari Pusat

 

Di samping itu, ada program meminimalisasi tatap muka program layanan kesehatan. Karena itu, pertemuan rutin dilakukan secara virtual. Langkah ini dilakukan baik di setiap puskesmas ataupun di fasilitas kesehatan lainnya. Harapannya, semua layanan kesehatan di Kota Malang memiliki program Germas Pencegahan Covid-19.

"Karena masih pandemi, pertemuan tatap muka masih belum bisa dilakukan sehingga ada beberapa layanan kami adakan pertemuan virtual. Layanan apa, supaya mereka juga punya Germas Pencegahan Covid-19. Semua, baik puskesmas, rumah sakit, klinik atau yang lain," tandasnya.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni