Hamparan Eceng Gondok di Kalinampu Natural Park.
Hamparan Eceng Gondok di Kalinampu Natural Park.

MALANGTIMES - Sempat tutup karena pandemi Covid-19, wisata Kalinampu Natural Park sudah mulai dibuka kembali per 5 September 2020 kemarin. Kalinampu Natural Park terkenal dengan tempatnya yang berkonsep ala Jepang. Berlokasi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, dan berjarak 19 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Ketua Karang Taruna, Anang Taufiq A menerangkan, wisata Kalinampu Natural Park dibuka kembali dengan mengutamakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Baca Juga : Tempat Wisata Baru Belum Terjamah, Ini Langkah Disparbud Kabupaten Malang

“Kami menyediakan tempat cuci tangan, dan alat pengecekan suhu tubuh,”ungkap Anang.

Sebagai informasi, Kalinampu Natural Park dulunya adalah sebuah sungai yang dikelola oleh warga dan pemuda karang taruna setempat. Meski sempat tutup pada 2019 lalu, karena diterpa banjir besar. Namun sekarang telah dibenahi kembali dan siap menerima wisatawan yang datang.

Anang mengatakan, pihaknya juga menyediakan persewaan baju khas Jepang seperti Kimono/Yukata. Selain payung lukis dan kipas ala Jepang.  “Selain itu tiket masuknya pun cukup murah dan free parkir,” ujar Anang.

Warga setempat pun menyambut dengan senang hati untuk para wisatawan yang ingin berswafoto di Kalinampu Natural Park. 

Salah satu warga, Lina Riyanti mengatakan, wisata Kalinampu Desa Seloharjo sudah dikenal banyak orang. Keberadaannya telah tersebar di sosial media dan telah menjadi kebanggaan warga.

Baca Juga : Pembukaan Wisata Kabupaten Malang Telah Didengungkan, Kadisparbud Ingatkan SOP

"Mengangkat pariwisata lokal dan bisa menjadi referensi wisata murah di daerah Bantul. Dengan pemandangan tumbuhan enceng gondok di tepian sungai Opak menghasilkan warna ungu dengan kombinasi putih nan indah," ucap Lina.