Pengunjung saat mengantre di loket Jawa Timur Park 3 beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung saat mengantre di loket Jawa Timur Park 3 beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pariwisata Kota Batu optimistis hingga akhir tahun mendatang bisa mencapai target kunjungan mencapai 2 juta wisatawan. Keyakinan itu  berdasarkan data sampai akhir Agustus yang sudah mencapai 1,1 juta kunjungan.

Terlihat sejak pertengahan  Juli lalu, tren kunjungan pariwisata mulai menunjukkan geliat peningkatan di Kota Batu. Itu salah satunya ditunjukkan dengan mulai padatnya arus lalu lintas di jalan protokol Kota Batu. Lalu penuhnya tempat parkir beberapa penginapan hingga padatnya wisatawan di tempat wisata. 

Baca Juga : Gairahkan Pariwisata, Kemenparekraf dan Bupati Malang Luncurkan Gerakan BISA di Kabupaten Malang

 

Dari jumlah 1,1 juta pengunjung itu, tercatat kunjungan tertinggi yang mencapai 255 ribu wisatawan disumbang  Taman Rekreasi Selecta. Kemudian di urutan kedua, ada Jawa Timur Park 2, yakni 143 ribu pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan pihaknya terus berupaya agar kunjungan bisa tercapai hingga akhir 2020 ini. “Target kunjungan semula sebelum ada pandemi itu 7,7 juta. Namun setelah adanya pandemi ini, hanya ditargetkan 2 juta kunjungan, mengingat sektor pariwisata sempat lumpuh selama 4 bulan,” ucapnya. 

Untuk terus menggenjot jumlah kunjungan, Dinas Pariwisata Kota Batu memiliki strategi. Di antaranya  mengajak pelaku seni budaya agar tampil dalam event-event yang disiapkan.

Untuk menggerakkan pelaku seni budaya ini, Dinas Pariwisata menyiapkan anggaran Rp 600 juta selama empat bulan ke depan.  Mereka akan tampil dalam beragam kegiatan, mulai kongres budaya hingga launching desa wisata.

Strategi lainnya, promosi wisata terus digencarkan agar pengunjung tertarik dan merasa nyaman saat berwisata di Kota Batu. Salah satunya dengan menghidupkan kembali seni tradisi yang dipusatkan di panggung sendratari Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Baca Juga : Layani Wisatawan, Dinas Pariwisata Suguhkan Pusat Informasi Pariwisata di Alun-Alun

 

Di panggung sendratari tersebut, Dinas Pariwisata  melengkapi sarana prasarana untuk menunjang fasilitas pelaku seni budaya saat tampil agar maksimal. “Segela upaya kami lakukan supaya pelaku seni budaya bisa bergerak dan jumlah kunjungan bisa mencapai target,” ucap Arief.