Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lapsus Tetap Eksis dengan Masker Kreatif (8)

Jangan Sembrono! Pakai Masker Juga Bisa Merugikan

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Lazuardi Firdaus

04 - Sep - 2020, 20:26

Ilustrasi Masker (viarami / pixabay)
Ilustrasi Masker (viarami / pixabay)

MALANGTIMES - Di balik manfaatnya yang bagus untuk menghindari persebaran virus Covid-19, ternyata masker juga memiliki sisi merugikan.

Menurut Dokter Christyaji Indradmojo SpEM, salah satu dokter yang bertugas di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), jangan dikira memakai masker lantas aman begitu saja dari virus.

Baca Juga : Keren, Mahasiswa Malang ini Ciptakan Desain Grafis Masker Unik

Memakai masker juga menimbulkan beberapa kerugian. Dokter Christyaji pun membeberkan beberapa kerugian memakai masker yang kemungkinan jarang diekspos.

Kerugian pertama, menggunakan masker dapat meningkatkan risiko kontaminasi diri karena kita menyentuh atau menggerakkan masker, kemudian tangan kita menyentuh mata dengan tangan yang telah memegang bagian dalam masker itu. 

Kerugian kedua, masker kotor lantaran jarang dicuci dikarenakan orang hanya punya satu masker. Kerugian selanjutnya adalah timbul rasa tidak nyaman saat bernafas. Setelahnya juga bisa menimbulkan iritasi di kulit karena alergi.

"Dan yang agak menarik adalah memberi rasa aman yang palsu yang menyebabkan seseorang kemudian sembrono tidak physical distancing," ungkap dokter yang juga adalah Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) ini.

Ditegaskan Christyaji, yang paling penting sebenarnya adalah physical distancing. Nah, apabila physical distancing tidak bisa dilakukan maka dibentengi lah dengan masker dan kalau perlu juga face shield.

Baca Juga : Jadi Tersangka, Pembuat Meme Bupati Sanusi Kini Terancam Dibui

"Jadi kampanye yang utama itu sebenarnya adalah physical distancing. Kalau yang di tulisannya CDC (Centers for Disease Control and Prevention) itu ditulis jelas bahwa penggunaan masker tidak menghentikan pentingnya physical distancing," tegasnya.

Sementara, fenomena yang terjadi saat ini adalah masyarakat yang berkumpul lantaran merasa aman karena memakai masker. Untuk itu, masyarakat perlu edukasi lebih terkait masker. Tujuan pemakaian masker di mana, kapan dan bagaimana memakainya, dan jenis masker yang harus dipakai harus disampaikan kepada masyarakat.


Topik

Lapsus


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Lazuardi Firdaus