BLH Ajak Warga Malang Peduli Udara Bersih dan Sehat

Oct 31, 2015 07:38

MALANGTIMES - Evaluasi udara perkotaan merupakan upaya membangun Kota Malang lebih ramah lingkungan. Pendidikan penyadaran melalui kegiatan uji emisi kendaraan, bermaksud mengajak masyarakat 'belajar' memahami dan menyadari arti penting lingkungan udara yang bersih.

''Kita masih dalam tahap penyadaran kepada masyarakat, public awareness," ujar Tri Susanto, Kasubbid Pengendalian Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang, Sabtu (31/10/2015).

Partisipasi warga dalam uji emisi, kata Tri Susanto, cukup membantu membangun pemahaman akan pentingnya merawat kendaraan yang menjadi salah satu sumber polusi. "Jika sudah memahami, diharapkan jadi lebih peduli," ujar pria yang akrab disapa Trisan ini.‎

Baca Juga : Sehari 9 Korban Covid-19 di Surabaya Meninggal, Gubernur Minta Contoh Magetan Tekan Kasus

Sebaliknya, lanjut Trisan, kalau masyarakat tidak mengetahui pentingnya merawat kendaraan bagi lingkungan, akan lebih sulit membangun kesadaran.

"Uji emisi itu bentuk kampanye kepada masyarakat, mereka menjadi lebih paham," ucapnya saat ditemui di kantor yang berada di Jalan Mojopahit.

Trisan berharap, dampak positif dari upaya membangun kesadaran warga melalui uji emisi kendaraan sangat banyak. Misalnya, bisa lebih irit dan umur mesin lebih tahan lama.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

"Mesin kendaraan lebih bagus, BBM (bahan bakar minyak) lebih irit, umur mesin lebih tahan lama. Yang penting tidak mencemari udara," pungkasnya. (*)

Topik
BLHPeduli LingkunganTri SusantoBBM

Berita Lainnya

Berita

Terbaru