Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) (Foto: Tribunnews)
Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) (Foto: Tribunnews)

MALANGTIMES - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) terus berkembang.  Di tengah pro dan kontra berdirinya KAMI dalam masyarakat sejak Agustus 2020 lalu.

Dikabarkan, jika KAMI akan segera melakukan deklarasi di Yogyakarta. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Badan Pekerja KAMI, Syahganda Nainggolan melalui akun Twitternya Rabu (2/9/2020).  

Baca Juga : Rela Cuti demi Agenda Pilkada, Posisi Bupati Malang akan Diisi Pejabat sementara

 

Dalam cuitannya, Syahganda menyebut jika deklarasi itu akan dilaksanakan pada 4 September 2020 mendatang.  

"Deklarasi KAMI Yogya, 4 September. Menarik ulasan Mas In'am. Salam Malioboro dan sukses," tulis akun @syahganda.

 

 

Syahganda juga menyertakan artikel dari pegiat sosial dan keagamaan In'am eL Mustofa yang berjudul "Menyambut Deklarasi KAMI Yogyakarta 4 September 2020 Wahai Jika-jiwa yang tulus, ke mana Engkau'.

Syahganda juga memberikan informasi jika deklarasi KAMI akan digelar di Jawa Barat pada Senin (7/9/2020). 

“Tempat Acara Deklarasi KAMI Jabar diganti. Pemilik gedung mengcancel. Panitia masih struggle cari tempat baru. Semoga Akang/Teteh/Emak2 di Bandung tabah dalam perjoangan. Ingat Halo Halo Bandung!”, tulisnya. 

 

 

Selain itu salah seorang deklarator KAMI, Adhie M Massardi mengatakan, jika kelompok tersebut bisa menjadi alat penekan yang efektif.  

"Bersatu KAMI KUAT. Jika Anda merasa dirundung masalah yang kompleks dan tak bisa berbuat apa-apa, dengarlah apa kata rakyat ini. Kami bukan siapa-siapa dan tak punya alat apa-apa, tetapi KAMI BERSATU bisa menjadi alat penekan yang efektif demi tujuan memuliakan harkat dan martabat bangsa!" tulis @AdhieMassardi.

Baca Juga : Alumni ITB Terbagi 2 Kubu Terkait Posisi Din Syamsuddin di MWA

 

Diketahui, KAMI pertama kali dideklarasikan pada 18 Agustus 2020 di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta. Lalu pada 22 Agustus 2020, KAMI juga menggelar deklarasi di Melbourne, Australia.

Deklarasi digelar melalui virtual dan dimotori oleh Muhammed Edward. Selain itu deklarasi juga sudah digelar di Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.

Setidaknya, para ratusan tokoh yang tergabung dalam KAMI ini merupakan tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh di masyarakat. Sebut saja, DIn Syamsuddin, Said Didu, Rizal Ramli, Rocky Gerung hingga Gatot Nurmantyo.