Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mencium aroma kopi Songgoriti di Kebun Kopi Ceret Ireng, Sabtu (29/8/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mencium aroma kopi Songgoriti di Kebun Kopi Ceret Ireng, Sabtu (29/8/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berkeinginan menambah ikon Kota Batu. Jika ikon saat ini apel, nantinya Dewanti menginginkan kopi jadi second icon Kota Batu.

“Ada tambahan ikon selain apel, nanti juga kopi. Dan seluruh kopi yang ada di Kota Batu diberi satu nama yang sama yakni Kopi Batu,” ucap Dewanti, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga : Asal Disiplin Protokol Kesehatan, Wali Kota Batu Perbolehkan Gelar Acara

Untuk menuju adanya ikon baru lainnya di Kota Batu, selain apel, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mulai membranding kopi Songgoriti dari lereng Gunung Banyak. Kemudian ke depannya atau selanjutnya giliran kopi dari lereng Gunung Arjuno dan Panderman. 

“Akan dibranding. Selanjutnya ada kopi dari lereng Gunung Arjuno dan Panderman. Jika Kopi Ssonggoriti punya wilayah 40 hektar, di Arjuno lebih luas ada ratusan hektar,” terangnya.

Keseriusan Dewanti dalam menambah ikon Kota Batu dengan kopi ini, akan dilakukan dengan cara membantu para petani dari hulu hingga hilirnya. Melihat potensi kopi Kota Batu punya cita rasa yang luar biasa.

“Dari hulu ke hilir.  Mulai dari mendampingi petani, pengolahan kopi, hingga pemasaran, dan sebagainya. Sehingga bisa menciptakan kopi yang semakin berkualitas,” ujarnya.

Selain itu ia menginginkan adanya kalaborasi barista untuk menjadikan kopi seduhan yang memiliki cita rasa berbeda dan luar biasa. “Dengan adanya kalaborasi akan menjadikan kerjasama yang luar biasa,” tambah politisi PDI P ini.

Baca Juga : ASN Kota Batu Swafoto Tak Gunakan Masker, Surat Peringatan Siap Dilayangkan

“Harapannya ke depan kota Batu bisa memiliki tambahan ikon. Semoga ke depan kopi di Kota Batu bisa punya nama,” harapnya.