Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Kinerja 3 Kementerian Ini Disorot Saat Penanganan Dampak Pandemi Covid-19, Bakal Kena Reshuffle?

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Aug - 2020, 11:49

Kabinet Indonesia Maju (Foto: Okezone)
Kabinet Indonesia Maju (Foto: Okezone)

MALANGTIMES - Isu reshuffle Kabinet Indonesia maju hingga kini masih menjadi perbincangan hangat. Nama Menteri Kesehatan Terawan Agus disebut menjadi salah satu menteri yang diusulkan untuk direshuffle jika Presiden Jokowi benar-benar melakukan perombakan kabinet.  

Hal itu karena Terawan dinilai sebagai menteri yang paling bertanggung jawab dalam penanganan Covid-19. Namun diketahui, penyebaran virus Covid-19 hingga kini masih terus meningkat.  

Baca Juga : Komentar Menohok Ruhut Terkait KAMI: Masyarakat Indonesia Sudah Cerdas

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyebutkan dua menteri lain yang wajib direshuffle. Yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.  

Menurut Dedi, Ida Fauziyah gagal dalam membendung terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19. “Memahami kondisi pandemi, kementerian yang paling diharapkan mengemuka tetapi tidak perform, semisal Menkes, dan Menaker,” kata Dedi.  

Sementara untuk Yasonna, Dedi menilai Menteri Hukum dan HAM tersebut tidak becus dalam menyikapi kasus hukum yang melibatkan kader PDIP Harun Masiku dan kasus lainnya. “Bisa saja Menkumham, karena keterlibatan aktif menterinya membela kasus korupsi yang melibatkan kader PDIP (Harun Masiku),” cetus Dedi.  

Ia lantas menilai jika tiga menteri tersebut direshuffle, dampak dari Covid-19 dan keadilan untuk Indonesia bisa lebih baik. Diketahui sebelumnya, IPW setidaknya telah mengklaim 18 menteri yang patut untuk diganti. 

Baca Juga : Komentar Menohok Ruhut Terkait KAMI: Masyarakat Indonesia Sudah Cerdas

Mereka ialah Menteri Perhubungan, Menteri Koperasi, Menkumham, Menpora, Mendikbud, Menteri Pariwisata, Menteri Perdagangan, Menaker, Mensos, Menteri Kominfo, Menkes, Menteri Perindustrian, Meneg BUMN, Menteri Agama, dan Kepala Bulog.

Isu reshuffle kabinet ini memang terus muncul sejak Jokowi mengutarakan amarahnya terhadap para menteri. Kala itu Jokowi menilai jika kinerja para menteri di pandemi Covid-19 ini kurang maksimal.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri