Kisah Dua Utusan Allah SWT yang Menolak Diberi Umur Panjang

Aug 24, 2020 07:21
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Dalam berbagai riwayat disebutkan, Nabi Muhammad SAW pernah diberi pilihan umur panjang oleh Allah SWT. Namun pilihan itu tak diambil oleh Rasulullah SAW dan memilih menuju akhirat di usia yang ke 62 tahun.

Pilihan serupa nampaknya juga pernah diberikan kepada sosok Nabi Musa. Saat hendak dicabut nyawanya, Nabi Musa oleh Allah SWT diberikan pilihan untuk bisa hidup lebih lama lagi. Sama halnya dengan Nabi Muhammad SAW, Nabi Musa AS saat itu juga menolak tawaran hidup panjang tersebut.

Baca Juga : Gubernur Terbaik Sepanjang Masa, Sahabat Terbaik Rasulullah SAW

Kisah pertama adalah kisah dari Nabi Musa AS.  Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, dalam riwayat disebutkan jika tawaran hidup panjang itu diberikan saat Nabi Musa AS sedang sakit.

Saat itu diutus malaikat maut yang berwujud manusia. Malaikat tersebut menyampaikan kepada Nabi Musa jika ia diutus untuk mencabut nyawa Nabi Musa. Nabi Musa mengira malaikat yang berwujud manusia itu sedang bermain-main, maka dia dipukul oleh Nabi Musa. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan jika mata dari malaikat maut tersebut dicongkel.

Maka malaikat maut mengeluh kepada Allah SWT tentang apa yang ia alami. Kemudian diutuslah kembali malaikat maut dan Nabi Musa pun meminta maaf terhadapnya. Karena sebelumnya ia tak mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Saat itu, malaikat maut juga memberikan penawaran untuk dipanjangkan umur seribu tahun. Saat itu usia Nabi Musa 120 tahun. Nabi Musa menolak itu dan memilih menuju ke akhirat.

Begitu juga saat Nabi Muhammad SAW akan meninggal. Saat waktunya akan meninggal dunia, Rasulullah SAW mendatangi makam para sahabat pada malam hari dengan ditemani pembantunya.

Saat usai mendoakan para sahabat, Rasulullah SAW berkata, "Sungguh waktu sudah dekat. Seoarang hamba diberikan pilihan oleh Tuhan-Nya apakah dia hidup di dunia dengan umur yang panjang dan memimpin dunia, atau dia menuju akhirat,". Maka Rasulullah SAW saat itu memilih akhirat.

Baca Juga : Ketika Rasulullah SAW Terlambat Melakukan Salat Subuh, Begini Kisah Lengkapnya

Sementara itu, dalam riwayat lain disebutkan, Rasulullah SAW berkata, "Sungguh aku telah diberikan pilihan oleh Tuhanku. Hidup panjang sampai menjelang hari kiamat, dengan menjadi raja dunia, dan aku tetap masuk surga. Dengan aku mati sekarang, dan bebas tugas serta masuk surga. Maka aku memilih sekarang,".

Dunia sebagai sesuatu yang terlintas sebentar saja. Orang beriman akan memilih untuk menuju akhirat dibanding berlama-lama di dunia.

 

Topik
kisah Nabi Muhammad SAWkajian islami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru