Baliho Giring untuk Presiden 2024 Bertebaran, PSI Kota Malang Sebut Tak Ada Koordinasi

Aug 23, 2020 19:46
Salah satu baliho Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha yang bertengger di billboard perempatan Pasar Klojen, Kota Malang, Minggu (23/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Salah satu baliho Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha yang bertengger di billboard perempatan Pasar Klojen, Kota Malang, Minggu (23/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Baru menjadi pelaksana tugas (plt) ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI), baliho bergambarkan Giring Ganesha Djumaryo untuk presiden 2024 bertebaran di Kota Malang. 

Beberapa billboard yang rerdapat baliho berlogo PSI dan foto Giring di antaranya di perempatan Pasar Klojen dan perempatan dekat Alun-Alun Kota Malang. 

Baca Juga : KPU Persilakan Bapaslon Perseorangan Tempuh Langkah Hukum Terkait Sengketa Hasil Verfak

Diketahui Giring dulu menjadi vokalis band Nidji. Kali ini dia diberi tanggung jawab sebagai plt ketua umum DPP PSI sejak Selasa 18 Agustus 2020). Giring menggantikan Grace Natalie untuk sementara waktu karena sedang melanjutkan studinya untuk meraih gelar master di Lee Kuan Yew School of Public Policy NUS (National University of Singapore) kurang lebih satu tahun ke depan. 

Dengan adanya beberapa baliho PSI yang menampakkan foto Giring untuk presiden 2024 di beberapa titik di Kota Malang, Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PSI Kota Malang Achmad Faried malah mengatakan awalnya dia tidak mengetahui adanya baliho itu. 

"Saya pengurus di Kota Malang sebetulnya juga tidak tahu kok tiba-tiba ada pemasangan seperti itu. Karena sebelumnya kami tidak dikoordinasikan DPP akan melakukan titik-titik pemasangan baliho plt Bro Giring," ungkapnya, Minggu (23/8/2020). 

Bahkan Faried mengaku dirinya baru mengetahui adanya baliho Giring dari orang lain.  "Dan ternyata itu terjadi di seluruh Indonesia, tidak cuma di Kota Malang," ucapnya lalu tertawa. 

Selain baliho serupa terpampang di seluruh Indonesia, jajaran DPD PSI di tingkat kabupaten dan kota serta DPW di tataran provinsi tidak mengetahui dan tidak turut terlibat dalam pemasangan baliho tersebut.  "Terus saat kami konfirmasi, DPP bilang informasinya ya biarkan dulu lah. Kita tunggu waktu saja untuk mengonfirmasi," ucapnya.

Disinggung apakah pemasangan baliho ini merupakan pengenalan Giring yang baru menjabat plt ketua umum DPP PSI dan merupakan sosok pemuda milenial yang akan ddidukung  PSI dalam pemilihan presiden tahun 2024, Faried pun tak bisa berkata banyak.  Intinya Faried mengatakan bahwa pemasangan tersebut bukan dari jajaran DPD maupun DPW. 

Baca Juga : Babak Baru! Malang Jejeg Bersiap Layangkan Gugatan Hasil Verifikasi Faktual

"Nanti kayaknya dari DPP yang akan melakukan penjelasan. Bahwa kami di kota sudah diinstruksikan, ya kami  DPD dan DPW seluruh Indonesia menunggu statement  Bro Giringnya sendiri nanti," pungkasnya. 

Sebagai informasi bahwa Giring pada tahun 2019 merupakan calon anggota legislatif (caleg) PSI yang berangkat dari daerah pemilihan Jawa Barat I meliputi Bandung-Cimahi. Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Giring pun memperoleh 97 ribu suara dan mendapatkan suara terbanyak di Bandung. 

Tetapi, meskipun perolehan suara cukup tinggi dan dapat lolos, kelolosan Giring untuk melenggang ke Senayan (kantor DPR) terganjal persyaratan parliamentary threshold atau ambang batas untuk masuk di parlemen yang tidak dapat terpenuhi  PSI. Sehingga semua caleg DPR-RI yang berangkat melalui PSI di seluruh wilayah Indonesia tidak dapat loloa untuk menjadi anggota DPR-RI meskipun suara yang diperoleh cukup tinggi.

Topik
Ketua Umum DPP PSI Giring GaneshaDPP PSI Giring GaneshaGiring GaneshaCalon Presiden 2024

Berita Lainnya

Berita

Terbaru