Wisatawan saat berwisata di Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berwisata di Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pandemi Covid-19 membuat perekonomian sempat terhenti dibeberapa sektor di Kota Batu. Adanya long weekend rupanya membuat pariwisata di Kota Batu mulai terlihat kembali seperti sebelum adanya pandemi.

Terlihat dari jumlah kendaraan yang cukup padat khsusunya di jalan protokol Kota Batu. Kemudian di tempat parkir penginapan, berimbas pada keramaian pada tempat wisata.

Baca Juga : Wisatawan Berdatangan di Malang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel di Perbatasan 

 

Terlihat terdapat adanya keramaian khususnya di kawasan Jawa Timur Park Group khususnya di Jawa Timur Park 3, Museum Angkut, dan Taman Rekreasi Selecat. Mulai padatnya wisatawan di Kota Batu, tak membuat protokol kesehatan dilonggarkan, tapi semakin diperketat di berbagai tempat wisata.

Mulai dari sebelum masuk dengan mencuci tangan, dicek suhu tubuhnya, dan wajib menggunakan masker. 

“Rata-rata wisatawan yang rekreasi pada weekend sudah bisa tembus 3 ribu wisatawan. Dan ini pencapaian tinggi selama pandemi Covid-19. Meski demikian protokol kesehatan dengan ketat diterapkan,” ungkap Direktur Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi. 

3 ribu wisatawan yang datang itu dalam satu hari di Taman Rekreasi Selecta. Jumlah itu cukup berbeda saat weekday, hanya mencapai 500 wisatawan per hari. “Weekday, kisaran 300 sampai dengan 500 wisatawan,” imbuhnya.

Hal tersebut juga dirasakan pada Jawa Timur Park Group, jumlah kunjungan mencapai dua kali lipat selama long weekend ini. 

“Sangat meningkat,” kata Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto. 

Baca Juga : Wisatawan Melonjak, Malioboro Dijaga Ketat Polisi dan Satpol PP hingga Minggu 

 

Selama dibukanya Jatim Park di masa pandemi, jumlah kunjungan terbanyak pada long weekend bulan Agustus ini. “Jumlah kunjungan 2x lipat dibanding weekend beberapa minggu ini,” tutupnya.

Sedang park yang sudah dibuka di Jatim Park yakni, Jawa Timur Park 2, Eco Green Park, Museum Angkut, Predator Fun Park, Museum Musik Dunia, The Legend Stars, Dino Park, Fun Tech Plaza, Milenial Glow Garden, dan BNS.