Ke Tempat Wisata dan Penginapan, Kapolres Temukan Wisatawan Tak Pakai Masker dengan Tepat

Aug 21, 2020 19:14
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat mengingatkan pengunjung dalam penggunaan masker di Museum Angkut Jumat (21/8/2020).
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat mengingatkan pengunjung dalam penggunaan masker di Museum Angkut Jumat (21/8/2020).

MALANGTIMES - Demi kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan selama long weekend, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama terjun langsung turun ke tempat wisata hingga penginapan di Kota Batu. 

Hal itu dilakukannya mengingat jumlah wisatawan saat longweend ini mengalami peningkatan cukup signifikan, Jumat (21/8/2020).

Baca Juga : Wisatawan Berdatangan di Malang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel di Perbatasan

“Ini dalam rangka implementasi tindak lanjut Inpres No. 6 th 2020 kami Polres Batu bergabung dengan Dandim dan Pemkot Batu, patroli dan pendisiplinan masyarakat yang berkegiatan di wisata Kota Batu,” ucap Harvi.

Mereka berkeliling di beberapa tempat wisata dan penginapan yakni di Jawa Timur Park 3, Museum Angkut, Jawa Timur Park 2, Eco Green Park, Wana Wisata Paralayang, Selecta, Santera Flower De Lafonte, dan sebagainya. Kemudian di tempat penginapan seperti Golden Tulip.

Hasilnya, saat berada di tengah padatnya wisatawan itu didapati wisatawan yang memakai masker namun tidak digunakan dengan tepat. Misalnya tidak menutup hidup, tapi hanya sekadar dipasang. 

“Kedapatan bawa masker tapi tidak digunakan dengan baik dan benar sehingga diingatkan, ada juga karyawan hotel yang menggunakan masker di bawah hidung tidak ditutup diingatkan,” jelasnya. 

“Kita tidak melarang masyarakat untuk aktivitas tetapi kita terus melakukan pengawasan secara intens. Dan kami tidak pernah bosen untuk mengingatkan masyarakat, mengimbau silahkan berlibur tetapi protokol kesehatan untuk dilakukan terutama menggunakan masker,” tambah lulusan Akademi Polisi tahun 2001 ini.

Dengan turun ke lapangan itu sebagai upaya mengimbau dan mengedukatif masyarakat agar disiplin dalam protokol kesehatan. Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Batu.

Baca Juga : Wisatawan Melonjak, Malioboro Dijaga Ketat Polisi dan Satpol PP hingga Minggu

Petugas yang turun lapangan itu, bertugas mengingatkan para pengunjung di tempat wisata, penginapan dan sebagainya. Mulai dari wajib menggunakan masker, hingga menggunakan masker dengan benar.

Pihaknya tidak akan pernah bosan mengingatkan para pengunjung dan warga Kota Batu untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Ke depan lanjutnya, sambil menunggu perda atau perwali untuk sanksi yang tidak memakai masker akan diberi teguran. “Supaya malu gak pakai masker, kalau diulangi dengan orang yang sama bisa disuruh kerja sosial nanti bersih-bersih bersama, nanti kita akan koordinasikan dengan Pemkot Batu,” tutup Harvi.

Topik
Kapolres Batudisiplin protokol kesehatanSidak Maskerwisata saat pandemiWisata Kota Batu Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru