Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution (Anggoro)
Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution (Anggoro)

MALANGTIMES - Libur nasional dan cuti bersama sejak Kamis (20/8/2020) dan Jumat (21/8/2020) membuat pelayanan penerbitan surat izin mengemudi (SIM) di Satpas Polresta Malang Kota juga diliburkan.

Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution mengatakan bahwa  pelayanan SIM di Satpas diliburkan karena hari libur peringatan Tahun Baru Islam 1442 H dan cuti bersama pada keesokan harinya.  "Pelayanan kembali dibuka  Sabtu 22 Agustus 2020," kata Rama, sapaan karib AKP Ramadhan Nasution.

Baca Juga : Mesin Uji Cepat Covid-19 RSUD Kanjuruhan belum Beroperasi, Tunggu Visitasi Dinkes Jatim

Lalu, bagaimana jika pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada  20 atau 21 Agustus 2020? AKP Rama mengatakan bahwa masih ada toleransi mengingat pada tanggal tersebut masih libur.

"Karena hari libur nasional dan cuti bersama yang dilakukan secara serentak, maka perpanjangan SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal tersebut masih kami toleransi. Dan mereka bisa mengurus perpanjangan pada 22 Agustus," terang Rama.

Satlantas sudah menyosialisasikan tutupnya pelayanan penerbitan SIM melalui media sosial (medsos) dan pemberitahuan melalui banner atau spanduk. "Jauh-jauh hari sudah kami laksanakan sosialisasi, seperti di medsos, kantor layanan, maupun di instansi terkait. Semisal di kantor bersama Samsat, di situ kan ada instansi terkait. Jadi, kami sama-sama melakukan sosialisasi sebelum masa libur ini," ungkapnya.