Ranu kumbolo Semeru
Ranu kumbolo Semeru

MALANGTIMES - Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan (PPH) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Istanto menyatakan pihaknya menutup pendakian sejumlah gunung yang terdapat di Jawa Timur. Pasalnya, musibah kebakaran hutan yang melanda sudah menjadi masalah serius.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Penutupan izin pendakian bagi para pendaki dinilai Istanto sebagai salah satu upaya untuk membantu menyelamatkan hutan dari kebakaran dan mencegah korban jiwa.
Istanto menambahkan, hingga saat ini masih ada 26 titik api yang masih aktif yang belum padam yang terpantau di beberapa gunung di Jawa Timur. Karena itu, selama masih terjadi kebakaran izin pendakian akan ditutup.

"Kami telah menutup izin pendakian di gunung yang rawan kebakan dan kami juga mengimbau masyarakat sekitar untuk tidak membakar apapun yang dapat memicu kebakaran hutan," ujarnya Kamis (29/10/2015).

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Selain itu ia menjelaskan terkait kebakaran hutan, pihak penegak hukum telah berhasil menetapkan banyak tersangka di Kalimantan. Namun untuk wilayah Jawa Timur hingga saat ini masih belum ada kasus seperti itu.(*)