Sangat Sederhana, Begini Penampakan Rumah Masa Kecil Rasulullah SAW

Aug 17, 2020 07:31
Kesederhanaan tempat tinggal Rasulullah SAW sewaktu masih kecil (Alman Mulyana)
Kesederhanaan tempat tinggal Rasulullah SAW sewaktu masih kecil (Alman Mulyana)

MALANGTIMES - Sebagaimana kebiasaan para bangsawan Arab di masa lalu, setiap bayi yang dilahirkan akan disusukan kepada perempuan lain. Terutama perempuan desa, dengan tujuan agar si bayi hidup di alam serta mempelajari bahasa Arab baku.

Itu juga yang terjadi pada Rasulullah SAW saat dilahirkan oleh ibunya, Aminah binti Wahab. Selama tiga hari, Rasulullah SAW disusui oleh ibunya. 

Baca Juga : Kisah Kurma Haram yang Jadi Halal untuk Anak Sahabat Rasulullah yang Kelaparan

Kemudian sempat disusui oleh budak wanita milik ayahnya, yakni Ummu Aiman. Lalu, pernah disusui oleh budak bernama Tsuwaibah, milik paman beliau Abu Lahab.

Selain itu, semasa masih bayi Rasulullah SAW juga disusui oleh Halimah Sa'diyah. Ibu susu Rasulullah SAW itu membawa Rasulullah SAW yang masih bayi ke kabilah Bani Sa'ad. 

Saat berusia dua tahun, Rasulullah SAW seharusnya sudah selesai disusui dan dikembalikan kepada sang ibu. Namun Halimah saat itu memohon agar Rasulullah SAW kecil tetap tinggal bersamanya.

Dalam catatan sejarah, disebutkan jika Rasulullah SAW kecil akhirnya tinggal bersama keluarga Halimah Sa'diyah hingga usia empat atau lima tahun. Rasulullah SAW pun menghabiskan masa kecilnya di daerah gurun yang sedikit jauh dari Makkah.

Jejak tempat tinggal Rasulullah SAW sewaktu masih anak-anak itupun masih ada hingga sekarang. Tak sedikit yang mendatangi gurun tempat tinggal masa kecil Nabi Muhammad SAW tersebut. Tentunya untuk mengetahui sekaligus meneladani kesederhanaan Rasulullah SAW.

Channel YouTube Alman Mulyana pun menunjukkan kesederhanaan tempat tinggal Nabi Muhammad SAW sewaktu masih kecil. Dalam video berjudul 'Rumah Saat Nabi Muhammad SAW Waktu Masih Kecil' itu ditunjukkan sebuah gurun yang sangat terik.

Di mana di area tersebut konon merupakan tempat tinggal sekaligus tempat bermain Nabi Muhammad sewaktu masih anak-anak. Gurun tersebut dipenuhi dengan bebatuan runcing. Selain itu juga terdapat sebuah sumur yang disebut sebagai sumber air di kawasan tersebut.

Dalam video itu terlihat kesederhanaan pemukiman yang dibuat pada masa Rasulullah SAW kecil. Salah satunya terlihat dari sebuah rumah berukuran kecil yang terbuat dari tumpukan batu. Tempat itu saat ini sudah tak dihuni, dan tak memiliki atap serta beralaskan tanah.

Baca Juga : Melihat Lagi Kota Thaif, Lokasi Nabi Muhammad SAW Dilempari Batu hingga Terluka Parah

Rumah tersebut dulunya ditempati Nabi Muhammad SAW kecil bersama ibu susunya serta keluarganya. Konon, atap rumah tersebut terbuat dari pelepah kurma. Rumah yang disusun dengan batu itu juga memiliki jendela kecil. Sehingga udara bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah.

Dengan kondisi yang sangat sederhana itu, Rasulullah SAW menghabiskan masa kecilnya bersama keluarga ibu susunya. Berbagai aktivitas Rasulullah SAW semasa kecil, seperti bermain dan berlarian dilakukan dengan teman-teman kecil Rasulullah SAW di daerah yang cukup jauh dari Makkah itu.

Kini, kawasan tersebut ditandai dengan tanda kuning pada bebatuannya. Sebagai petunjuk jika kawasan tersebut merupakan tempat Rasulullah SAW menghabiskan masa kecilnya. 

Tempat tersebut juga banyak didatangi oleh umat muslim. Di sana umat muslim juga bisa melaksanakan ibadah salat, lantaran ada tempat yang telah disediakan di sana.

Video : RUMAH SAAT NABI MUHAMMAD SAW WAKTU MASIH KECIL

 

Topik
Rumah Masa Kecil Rasulullah SAWKisah Rasulullah SAWNabi Muhammad SAWAminah binti Wahab

Berita Lainnya

Berita

Terbaru