Kabid Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho (Hendra Saputra)
Kabid Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Bidang Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) selalu bersiap menghadapi musim penghujan yang pada bulan Agustus 2020 ini sudah mulai tiba. Banjir menjadi salah satu problem di Kota Malang di tahun-tahun sebelumnya. Hal itu membuat beberapa stakeholder mencari solusi bagaimana untuk memecahkannya.

Salah satu solusi sederhana yang dilakukan saat ini yakni dengan memberikan jalur yang lancar bagi saluran air di sungai-sungai di Kota Malang oleh DLH sebagai bidang yang melayani kebersihan.

Baca Juga : Dari 44, Baru 2 Satuan Kerja di Jatim yang Jalankan Birokrasi Bersih dan Bebas Korupsi

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho, mengatakan, bahwa pihaknya sudah siap meski musim penghujan sudah mulai tiba.

“Kita siap mengawal sungai,” ucapnya.

Sebelumnya, petugas kebersihan juga sudah mulai melakukan pembersihan di area sungai agar banjir tak lagi melanda Kota Malang. "Setelah melakukan pembersihan di sungai ini hasilnya cukup baik. Tinggal sampah-sampah yang nyangkut saja, lalu juga ada ranting-ranting yang tumbuh itu tinggal dibersihkan saja," ujar Kabid yang akrab disapa Joe ini.

Di sisi lain, Joe mengaku bahwa meski saat ini masih kerap turun hujan, pihaknya masih tetap melakukan pembersihan di sungai-sungai karena DLH Kota Malang sudah memiliki jadwal untuk kerja bakti tersebut.

Baca Juga : Pemkot Batu dan KPH Malang Tandatangani MoU, Lindungi Hutan Kota Batu

"Kami jalan terus melakukan pembersihan di sungai meski musim hujan. Hanya saja jika hujan kami berteduh dulu, jika sudah kami kembali melakukan pembersihan," tegasnya.