Pilkada Kabupaten Malang

Rendra Janji Akan Mendirikan SMA di Daerah Perbatasan

Oct 28, 2015 23:19
H Rendra Kresna Saat Mengunjungi Daerah Perbatasan.
H Rendra Kresna Saat Mengunjungi Daerah Perbatasan.

MALANGTIMES - Calon Bupati Malang, H Rendra Kresna akan memberi perhatian khusus terkait pendirian sekolah tingkat SMA di daerah perbatasan kabupaten dengan kota. Sebab pendirian sekolah tingkat SMAN ini menjadi kebutuhan riil masyarakat kabupaten yang berdekatan dengan daerah yang kini dipimpin Wali Kota Malang M Anton tersebut.

Baca Juga : Menghilang, Satu Pendaki Gunung Panderman Ditemukan Tewas, Saksi Sebut Seperti Kesurupan

Hal ini disampaikan Rendra Kresna ketika peresmian Omah Duren (dukung Rendra) di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau, Rabu (28/10/2015).

"Jika saya terpilih lagi menjadi Bupati Malang, periode kedua, daerah perbatasan dengan kota, seperti Kecamatan Dau akan kami bangun sekolah tingkat SMAN," tegas Rendra, disambut aplaus hadirin yang hadir.

Pertimbangannya, jelas Rendra, banyak masukan yang diterima ketika berkampanye di daerah-daerah yang dekat dengan kawasan perkotaan. Diantaranya Kecamatan Dau, Pakis, dan Pakisaji. Mengingat di kecamatan tersebut memang belum ada sekolah SMAN.

Rendra menegaskan, di era pemerintahannya selama lima tahun yang lalu, memang tidak dibangun SMAN karena banyak pertimbangan. Diantaranya, banyak siswa asal Kabupaten Malang yang lulus SMP lebih memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA di Kota Malang. Karena secara teritorial lokasi sekolah tersebut lebih dekat dengan rumah.

Namun dengan perkembangan zaman, keberadaan SMAN di daerah perbatasan Kota Malang sekarang ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Mengingat, tingkat jumlah lulusan SMP di daerah perbatasan Kota Malang juga semakin meningkat. 

”Solusinya ya harus didirikan bangunan SMAN. Tapi tentunya agak masuk ke dalam. Misalnya di Dau ini, bangunan SMAN bisa ditempatkan di Kucur atau Petungsewu, sehingga bisa mengcover siswa dari desa lain yang ada di wilayah Kecamatan Dau. Kalau dekat kota, kan sudah ada banyak sekolah SMA swasta,” kata pria yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Malang ini.

Baca Juga : Bantuan Dana Dampak Covid-19 Bagi Sopir di Kabupaten Malang Segera Cair

Hadi Purnama, salah satu warga Desa Mulyoagung mengaku senang dengan pernyataan calon bupati nomer satu yang berpasangan dengan HM Sanusi tersebut.

Sebab keberadaan SMAN menjadi kebutuhan warga di sekitar kecamatan Dau. Ini tidak terlepas dengan jarak sekolah yang semakin jauh dengan rumah warga. Sehingga biaya transportasi menjadi lebih mahal. 

Belum lagi katanya, jumlah siswa yang diterima juga terbatas, sehingga banyak siswa asal Dau yang harus terpaksa sekolah swasta.

”Kalau anak-anak kami sekolah di Kota Malang tentunya jauh. Membutuhkan biaya transportasi. Jadi sudah waktunya Dau ada sekolah SMA negeri,” tandas dia. (*)

Topik
Pilkada Kabupaten MalangH Rendra Kresna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru