Lambang Garuda menyemarakkan HUT RI ke-75 di wilayah RT 02 RW 06 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Lambang Garuda menyemarakkan HUT RI ke-75 di wilayah RT 02 RW 06 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Banyak cara dilakukan oleh masyarakat tanah air untuk menyambut kemeriahan hari kemerdekaan RI. Pernak-pernik bernuansa khas negara Indonesia seperti warna bendera merah putih biasanya yang kerap kali bermunculan sejak awal bulan Agustus.

Meski tahun ini perayaan HUT RI ke-75 dirayakan di tengah pandemi Covid-19, tapi warga Kota Malang nampaknya tak kehilangan moment menyambut hari besar negara Indonesia.

Baca Juga : Lapangan Songgomaruto Tertutup Bendera Raksasa Arema

 

Salah satunya yang dilakukan oleh warga RT 06 RW 02 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru. Untuk menyemarakkan HUT ke-75 RI warga sekitar menghias kampungnya berbentuk lambang negara burung Garuda.

Ketua RT 06, Andrianto mengatakan, warga menghias kampung di sepanjang jalan kampung untuk membuat suasana berbeda dalam menyambut kemeriahan kemerdekaan RI.

"HUT RI ke-75 ini beda. Warga tetap kompak dengan adanya kerja bakti pasang Garuda. Malamnya di hari kemerdekaan itu kami syukuran. Ini kita buat di sepanjang kampung di RT 06 RW 02," ujarnya, Rabu (12/8/2020).

Hiasan lambang negara Indonesia tersebut dihadirkan dengan berbagai ukuran. Dari ukuran yang sedang ditata di atas gapura, lalu ada juga yang ukuran besar terpampang di salah satu rumah warga.

Selain lambag Garuda, warga juga menghiasi lampu-lampu lampion bernuansa merah putih, dan bendera yang berjejer di masing-masing rumah.

Andrianto mengaku, di samping untuk menyemarakkan suasana kampung, hiasan yang dibuat tersebut juga sebagai salah satu cara untuk memberikan edukasi bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga : HUT Arema, 33 Bendera Arema Diterbangkan Lewat Paralayang di Langit Kota Batu

 

"Kami mempunyai harapan, minimal warga saya dari yang kecil sampai tua mengetahui lambang garuda bukan sekadar lambang tapi makna di dalamnya. Dan sebagai edukasi bagi anak-anak, serta menyatukan semangat warga sekitar agar tetap menjaga betul kerukunan, memaknai simbol persatuan dari lambang negara," terangnya.

Lebih jauh, lambang Garuda tersebut dinilai bisa membangkitkan semangat persatuan antar warga di tengah pandemi Covid-19. Saling bersatu padu dalam kedisiplinan menjaga kesehatan.

"Pandemi covid diharapkan hilang dengan persatuan yang terdapat dalam simbol negara Garuda. Yang penting satu tujuan mudah-mudahan dengan ini warga RT 06 RW 02 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru terus semangat dan hidup sehat, pandemi bisa selesai," tandasnya.