Rayakan Kemerdekaan RI ke-75, DLH Kota Malang Buat Tanaman Nuansa Merah Putih

Aug 10, 2020 20:01
UPT Pengelolaan taman dan kebun bibit saat mempersiapkan bunga bernuansa Merah Putih (Hendra Saputra)
UPT Pengelolaan taman dan kebun bibit saat mempersiapkan bunga bernuansa Merah Putih (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan membuat tanaman di 'Bhumi Arema' bernuansa merah putih untuk menyemarakkan hari jadi Republik Indonesia (RI) yang ke 75 pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Beragam cara dilakukan DLH Kota Malang agar perayaan hari kemerdekaan RI semakin meriah meski masih dilanda wabah Covid-19. Salah satunya membuat tanaman di beberapa spot di Kota Malang bernuansa Merah Putih.

Baca Juga : Pohon Kenangan 'Coklat Corona' Bakal Hijaukan TPU Sukorejo

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengelolaan taman aktif dan kebun bibit DLH Kota Malang, Lukman Hidayat mengatakan bahwa agenda seperti ini dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya agenda memperingati Hari Kemerdekaan Republik indonesia di Kota Malang ini dihiasi dengan aneka bunga yang bernuansa merah putih. Di mana bunga-bunga ini memang khusus didatangkan untuk menghiasi taman-taman di Kota Malang, terutama di daerah strategis seperti di Jalan Kawi dan beberapa tempat sudah terpasang kemarin," ungkap Lukman, Senin (10/8/2020).

Namun di masa pandemi Covid-19 ini cukup banyak anggaran yang tersedot sehingga dimaksimalkan untuk mempercantik wilayah yang strategis. "Karena anggaran yang dialokasikan terbatas, maka semua bisa kami cover dengan bunga Krisan, akan tetapi nuansa merah putih tetap kita upayakan dengan hasil dari pembibitan di pembibit sendiri," ujarnya.

Masih kata Lukman, beberapa hari kemarin sudah dilakukan perbaikan tanaman antara lain di daerah Raja Bally. Kemudian daerah PLN, depan Sarinah dan juga di Jalan Bandung dengan bunga jenis Terang Bulan dan bunga jenis Bligo Bandung yang memberikan nuansa merah putih.

"Kira-kira kurang lebih 4000 bibit hasil perkebunan sendiri sudah, dan untuk Krisan ini kita datangkan dari luar, karena ketersediaannya memang anggarannya terbatas maka kita melakukan prioritas-prioritas di daerah strategis. Sedangkan untuk krisan yang merah putih ini total 860 bibit," jelas Lukman.

Baca Juga : Perihal Plengsengan Ambrol Sungai Molek, Bupati Sebut Telah Kirim Surat ke Provinsi

 

Sementara itu, tanaman-tanaman yang sudah ada di lokasi sementara akan pindahkan khusus untuk diganti, tapi untuk yang lama tidak dibuang dan akan dikembang biakkan lagi di kebun bibit.

Video Selengkapnya : Rayakan Kemerdekaan RI ke-75, DLH Kota Malang Buat Tanaman Nuansa Merah Putih

"Lalu untuk jangka waktu bunga merah putih itu paling lama sekitar 1 bulan setengah kalau cuaca mendukung, dalam arti makanya kemarin kita coba lakukan aktivitasi terlebih dahulu sebelum kita distribusikan, biar tidak stress. Nanti ketika umurnya sudah habis katakanlah, kita ganti dengan tanaman-tanaman yang sudah dikembang biakkan," pungkas Lukman.

Di sisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang, Kuncahyani mengatakan bahwa nuansa merah putih ini mempunyai makna tersendiri dalam perayaan kemerdekaan RI ke 75. “Merah adalah semangat kami. Putih adalah ketulusan jiwa kami, sebagai troper DLH Kota Malang tahun 2020 ini,” imbuhnya. 

Topik
DLH Kota Malanghari jadi Republik Indonesia (RI)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru