Pohon Zaqqum (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Pohon Zaqqum (Foto: YouTube Alman Mulyana)

MALANGTIMES - Pernahkah kalian mendengar tentang pohon neraka atau pohon Zaqqum? Pohon Zaqqum merupakan pohon bagi mereka penghuni neraka.

Namun siapa sangka pohon Zaqqum itu ternyata bisa tumbuh di dunia. Penampakan pohon Zaqqum yang tumbuh di dunia terlihat melalui unggahan channel YouTube Alman Mulyana.

Baca Juga : Pedihnya Siksaan pada Kaum Nabi Luth, Para Penyuka Sesama Jenis

Dalam video tersebut, pemilik channel memperlihatkan suasana padang pasir yang diterangi terik matahari.  

Di padang pasir tersebut dipenuhi dengan tumbuhan pohon Zaqqum yang tampak gersang. Dijelaskan di video tersebut pohon Zaqqum berdiri kokoh di kawasan Jazirah Arab.  

Alquran dalam beberapa ayatnya menyinggung tentang keberadaan pohon Zaqqum, yakni sebagai berikut:

- (Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum? Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. (as-Shafaat 37:62- 67).

- ...dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: "Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia", dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran, dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (al Israa 17:60).  

- Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas. (ad-Dhukan 44:43-46).

- Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. (al Waqi'aah 56:51-53).

Di video itu ditunjukkan pohon Zaqqum tumbuh subur di padang pasir yang gersang tanpa air. Di pohon Zaqqum ini juga terdapat duri-duri di ranting yang cukup tajam.  

Pohon tersebut akan berbuah saat musim dingin. Buah pohon Zaqqum sangat mirip dengan bentuk tengkorak kepala manusia, tapi kecil-kecil.  

Buah itulah yang nantinya akan dimakan bagi penghuni neraka. Jika musim panas, pohon tersebut tetap hidup namun tidak berbuah hanya akan tumbuh ranting dan daun saja.

Di sisi lain ditunjukkan di video itu jika pohon Zaqqum memiliki getah yang keras dan hitam. Jika pohon Zaqqum diletakkan di dunia, menurut syariat Islam maka akan hancur bumi beserta isinya.  

Baca Juga : Sempat Runtuh, Begini Kisah Pembangunan Kembali Kakbah oleh Nabi Ibrahim dan Ismail

Kendati demikian, hal itu belum terbukti lantaran pohon Zaqqum ternyata bisa tumbuh di dunia di kawasan Jazirah Arab. Lantas seperti apa rasanya jika buah pohon Zaqqum ini dimakan?

Ternyata jika buah Zaqqum yang seperti tengkorak kepala manusia itu dimakan rasanya akan seperti kuningan yang dicairkan, bahkan bisa lebih buruk.  

Buah itu disebut akan membakar wajah berserta organ dalam tubuh para penghuni neraka.  

Ternyata ini pohon Snapdragon, bukan pohon Zaqqum | Arrahmah.com
Buah pohon Zaqqum (Foto: Arrahmah.com)

Disebut jika penghuni neraka nantinya akan selalu lapar dan mereka akan tergesa-gesa ke dasar neraka untuk makan apapun yang ditemukan.  

Di dasar neraka itu lah pohon Zaqqum juga bisa ditemukan dan mereka akan dipaksa untuk memakannya.  

Mengerikannya, sebelum disentuh pun, bibir mereka akan terbakar hingga nampaklah gigi mereka.  

Tak sekedar itu saja, mereka juga turut menelan duri yang bisa merobek kerongkongan setelah buah ditelan.  

Lalu, sebelum buah sampai ke perut, buah itu akan membakar dan mengeluarkan isi perut.