Bhabinkamtibmas Tanjungrejo Aipda Abdillah saat bersama masyarakat Tanjungrejo menyosialisasikan kamtibmas memanfaatkan media tiang listrik. (Ist)
Bhabinkamtibmas Tanjungrejo Aipda Abdillah saat bersama masyarakat Tanjungrejo menyosialisasikan kamtibmas memanfaatkan media tiang listrik. (Ist)

MALANGTIMES - Masyarakat tentunya sudah akrab dengan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat atau yang disingkat bhabinkamtibmas.  Nah, sebagai pangayom masyarakat di suatu kelurahan atau desa, bhabinkamtibmas perlu punya jurus dalam membangun kebersamaan.

Soal jurus membangun kebersamaan kamtibmas, apa yang diterapkan Aipda Abdillah, bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, ini bisa ditiru. Sederhana dan mudah caranya, tapi efektif hasilnya.

Baca Juga : Viral Motor Berplat Nyeleneh Kena Tilang, Polisi Lempar Canda dengan Bahasa Thailand!

Aipda Abdillah memanfaatkan media tiang listrik ataupun tiang jaringan seluler. Menurut dia, menjaga keamanan lingkungan tak hanya cukup dilakukan dengan melakukan patroli. Harus ada cara efektif dan efisien yang berdampak positif, utamanya bagi keamanan dan keakraban masyarakat.

"Tiang listik atau seluler kan ada di mana-mana. Di situ bisa dimanfaatkan untuk membangun kebersamaan. Misalnya kalau ada tindak kriminal, warga tinggal memukulnya. Suaranya kan begitu keras dan akan terdengar ke lokasi lain," bebernya.

Dengan kode tersebut, warga lainnya yang mendengar bisa melakukan upaya berkoordinasi untuk melakukan pengamanan. Misalnya dengan langsung berinisiatif melakukan penutupan jalur-jalau atau portal gang yang bisa saja dilewati pelaku kriminalitas.

"Jika sahut-sahutan, tentunya koordinasi keamanan dari masyarakat akan terjalin lebih luas dan menjadi lebih solid sehingga hal itu juga menyurutkan pelaku kejahatan untuk beraksi, khususnya di wilayah Tanjungrejo," jelas Abdillah.