Kegiatan dakwah yang digelar LEDMA Al-Farabi Unikama (Ist)
Kegiatan dakwah yang digelar LEDMA Al-Farabi Unikama (Ist)

MALANGTIMES - Lembaga Dakwah Mahasiswa (LEDMA) Al Farabi Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) turut berbagi kebahagiaan pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah. LEDMA Al Farabi yang beranggotakan para mahasiswa Unikama tersebut menyumbangkan tiga ekor kambing kurban.

Tiga hewan kurban tersebut, disumbangkan dan disembelih di Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Minggu (2/8/2020). Selain melakukan penyembelihan hewan kurban, LEDMA Al-Farabi juga melakukan Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli sampai 2 Agustus 2020.

Baca Juga : Dhea Lukita Andreana, Anak TKI Asal Tulungagung Jadi Paskibraka Nasional di Tengah Pandemi

 

Dalam rangkaian SIDIQ, mengambil bertema IRAMA : Indahnya Berbagai Kepada Sesama melelui Safari Dakwah Idul Qurban. Rangkaian acaranya dikemas dengan berbagai kegiatan-kegiatan menarik dan bermanfaat.

Kegiatan tersebut antara lain seperti Festival Anak Sholeh, Dongeng Anak, sholat berjamaah Qiyamul Lail, sahur, ngaji bareng, bersih diri, Al-Farabi Go To School, takbiran bersama, sholat Idul Adha sekaligus penyembelihan hewan Qurban dan di akhiri dengan pengumuman lomba Festival Anak Sholeh serta pengajian.

“Alhamdulilah acara SIDIQ kali ini berjalan dengan lancar meski ada sebagian warga yang tidak bisa hadir, namun masyarakat terus mendukung acara ini. Awalnya saya ragu, namun teman-teman terus memberi Support untuk melakukan program kerja tahunan ini,” ujar Sofiyullah Ketua Umum LEDMA Al-Farabi.

Muhammad Muhlis, M.Pd, pembina Ledma Al-Farabi menjelaskan, jika SIDIQ merupakan bagiaan dari program kerja Ledma Al-Farabi. Kegiatan ini setiap tahunnya selalu digelar dengan lokasi yang berpindah-pindah. Untuk saat ini, SiDIQ digelar di Dusun Banduarjo.

“Atas nama Al-Farabi dan Universitas Kanjuruhan Malang, kami mengucapkan terima kasih kepada warga Dusun Banduarjo yang telah menerima adik-adik mahasiswa melakukan kegiatan di sini selama beberapa hari. Diharapkan nantinya dengan kegiatan ini bisa menghasilkan ilmu yang bermanfaat yang bisa dibawa terjun langsung ke masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga : Banyak Korban Lapor, FIB Unair Segera Tabayun dengan Keluarga Gilang 'Bungkus'

 

Di sisi lain, Kepala Desa (Kades) Sumberpetung, Hamim Ahmad, S.Ag, mengapresiasi berbagai kegiatan positif yang digelar LEDMA Al-Farabi Unikama. Sebab, kegiatan yang dilakukan oleh LEDMA Al-Farabi membawa nilai pembelajaran Islam yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Unikama merupakan kampus yang hebat, karena bukan kampus Islam, akan tetapi membawa nilai-nilai Islam hingga 80 sampai 90 persen dan bisa berinteraksi dengan masyarakat. Semoga ilmu yang diberikan menambah semangat masyarakat untuk menempuh pendidikan lebih tinggi, termasuk juga lulusan Unikama bisa meraih apa yang mereka impikan," pungkasnya.