Penyerahan bantuan sosial kepada warga yang melakukan isolasi mandiri di Kelurahan Buring. (Istimewa).
Penyerahan bantuan sosial kepada warga yang melakukan isolasi mandiri di Kelurahan Buring. (Istimewa).

MALANGTIMES - Warga Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, yang mengeluh tak mendapatkan bantuan tampaknya langsung mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota Malang. Besok Selasa (4/8/2020), bantuan akan langsung disalurkan oleh pihak kelurahan.

Camat Kedungkandang Donny Sandito menyampaikan, kasi trantib kelurahan bersama bhabinkamtibmas sebelumnya telah memberikan bantuan sosial kepada pihak yang bersangkutan pada Sabtu (1/8/2020) kemarin. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga : Pemprov Jatim Akan Siapkan Anggaran Vaksin Covid-19 untuk 40 Juta Jiwa Penduduk

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyampaikan, di kawasan Kelurahan Buring memang tercatat ada pasien yang melakukan isolasi mandiri. Bantuan juga telah disalurkan bersama dengan berbagai unsur, termasuk kepolisian dan TNI, saat yang bersangkutan telah ditetapkan untuk melakukan isolasi mandiri. "Pada dasarnya semua pasien yang melakukan isolasi mandiri akan mendapatkan bantuan sembako," katanya.

Selain mendapatkan bantuan sembako, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri juga selalu diedukasi untuk melakukan pola hidup sehat. Selanjutnya juga terus diedukasi oleh tim satgas covid-19 untuk melakukan beberapa treatment.

"Kami menawarkan obat herbal salah satunya. Jadi, ada pilihan bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri," terang Nur Widianto.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Wiwid itu menyampaikan, masyarakat yang dinyatakan positif covid-19 diperbolehkan melakukan isolasi mandiri dengan beberapa catatan. Namun apabila tak memenuhi kriteria, maka yang bersangkutan akan diisolasi di safe house Jalan Kawi. "Tapi memang tidak semua pasien mau diisolasi di safe house," imbuhnya.

Wiwid juga menyampaikan bahwa upaya meningkatkan kesembuhan pasien covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Sehingga, beberapa upaya terus didorong dengan cara bersinergi bersama berbagai jajaran, termasuk TNI/Polri.

Baca Juga : Banyak Pasien Covid-19 Pilih Isolasi Rumah, Bupati Malang Siagakan Petugas Pengawasan

"Obat-obatan herbal juga terus diberikan. Dan setiap kelurahan sudah kami titipi obat herbal tersebut untuk meningkatkan imun masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, warga bernama Tineke Wulan Sari yang tinggal  di Perum Puskopad blok A12,  Jalan Mayjen Sungkono Buring, telah menjalani isolasi mandiri di rumah kontrakannya sejak selesai dirawat dua minggu lalu. Dia melakukan isolasi mandiri bersama dengan suami dan seorang anaknya. Namun, tidak ada bantuan dari Pemerintah Kota Malang.