Pembagian daging kurban oleh PKS Kota Malang saat perayaan Hari Raya Idul Adha (Istimewa).
Pembagian daging kurban oleh PKS Kota Malang saat perayaan Hari Raya Idul Adha (Istimewa).

MALANGTIMES - Semangat berbagi nampaknya masih terus ditunjukkan PKS Kota Malang. Karena di masa pandemi Covid-19, PKS tetap menyembelih puluhan ekor sapi dan kambing di hari yang berkah yaitu momen Iduladha.

Setidaknya ada 20 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang disembelih, dengan total senilai Rp 513 Juta. Itu menunjukkan semangat para pengurus, kader dan simpatisan PKS Kota Malang untuk berkurban di Hari Raya Iduladha 1441 H masih tinggi.

"Ada 20 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang  disembelih dan dibagikan ke masyarakat di 5 DPC PKS tingkat kecamatan. Jika dirupiahkan kurang lebih senilai Rp. 512.000.000 atau Setengah Miliar Rupiah," terang Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Joko Purnomo.

Semangat berbagi kebersamaan itu menurutnya terus ditularkan. Meski jumlah kurban PKS Kota Malang tahun ini memang lebih sedikit dibanding tahun lalu, yang mencapai Rp 1 miliar lebih.

Meski begitu, menurutnya semangat berbagi yang ditunjukkan para kader PKS itu sangat patut disyukuri. Karena telah menunjukkan keikhlasan, kerja keras kader, pengurus dan simpatisan di tengah pandemi Covid-19, walaupun dalam kondisi sedang sulit dan susah masih bersemangat untuk berkurban dan berkhidmat untuk masyarakat Kota Malang.

Waktu penyembelihan hewan qurban dipilih hari Minggu tanggal 2 Agustus 2020 dengan pertimbangan waktunya lebih panjang dan banyak kader dan simpatisan yang membantu.

Penyembelihan dan distribusi daging kurban dilakukan secara serentak di 5 kecamatan di Kota Malang. DPC Lowokwaru menyembelih 5 ekor sapi dan 21 ekor kambing, sementara DPC Kedungkandang sebanyak 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing. DPC Klojen ada 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing, DPC Sukun 4 ekor Sapi dan 1 ekor kambing dan DPC Blimbing Blimbing 2 ekor Sapi dan 6 ekor kambing.

"Kami berharap semangat Iduladha ini bisa diimplementasikan untuk saling bahu membahu dan membantu sesama di tengah pandemi Covid-19," tambah Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Trio Agus.

Dalam kesempatan khidmat tersebut, Ernanto Joko juga berdo'a dan berharap yang dilakukan mendapatkan fadilah dan keberkahan kurban seperti keluarga Nabi Ibrahim AS.

"Mudah - mudahan ada hikmah yang bisa kita peroleh dari perayaan Iduladha di tengah pandemi ini sebagai wujud berserah diri pada Allah SWT. 5 ( lima ) hikmah berkurban di tengah pandemi, yaitu; satu meningkatkan ketaqwaan, kedua mengajarkan sifat berbagi, ketiga memupuk rasa empati ditengah pandemi, keempat melimpahkan rezeki, dan yang terakhir kelima, memperoleh balasan kebaikan di duniawi dan surgawi," tutur Ernanto Joko.