Petugas PLN yang tengah melakukan perbaikan kabel listrik karena tumbangnya pohon di jalan BS Riadi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas PLN yang tengah melakukan perbaikan kabel listrik karena tumbangnya pohon di jalan BS Riadi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Arus lalu lintas di Jalan BS Riadi, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang, saat ini masih dialihkan. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ini masih terus melakukan evakuasi terhadap pohon besar setinggi kurang lebih 20 an meter tersebut.

"Arus lalu lintas masih kami alihkan sementara untuk melalui Jalan Buring, karena petugas BPBD masih melakukan evakuasi batang pohon dari tengah jalan," ungkap Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution, Sabtu (1/8/2020)

Selain menimpa mobil, dua sepeda motor, dan juga satu bentor, pohon tumbang tersebut juga menimpa sebuah teras ruko yang ada diseberang jalan  atau tepat di depan pohon yang dikatakan warga merupakan pohon Lamtoro tersebut.

Baca Juga : Nyangkut di Pohon Berjam-jam, Atlet Paralayang di Tulungagung Berhasil Dievakuasi

 

"Pohon tumbang juga menimpa kabel listrik, makanya tadi kami imbau masyarakat juga agar menjauh dari sekitar lokasi pohon tumbang, takutnya ada arus tegangan tinggi," jelasnya.

Sebelumnya, pohon besar setinggi 20-an meter tersebut tiba-tiba tumbang sekitar pukul 15.10 wib. Pohon tersebut tumbang dari pangkal pohon, diduga kondisi pohon yang sudah tua menyebabkan akar pohon tak kuat menopang berat pohon.

Insiden tumbangnya pohon tersebut juga menyebabkan tiga orang warga mengalami luka-luka. Satu orang warga tertimpa pohon saat akan keluar gang dekat lokasi pohon, sementara satu orang warga tertimpa saat tengah tidur di atas bentor di dekat lokasi tumbangnya pohon, dan seorang lagi terjatuh dari motor lantaran tersangkut kabel yang jatuh karena tertimpa pohon.

Komarudin dan Jamal, petugas PLN Kota Malang yang datang ke lokasi mengatakan, jika saat ini area di sekitar lokasi tumbangnya pohon dimatikan aliran listriknya. Hal ini mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan, ditambah juga petugas yang tengah mengevakuasi pohon yang melintang dari tengah jalan.

"listrik di area lokasi dimatikan sementara, untuk antisipasi. Saat ini kami melakukan perbaikan," jelas petugas PLN Kota Malang, Komarudin dan Kamal disela memperbaiki kabel-kabel yang terputus.

Baca Juga : Patut Ditiru, Ada 10 Warga Waung Tulungagung Tolak Dana JPS, Minta Digeser ke Orang Lain

 

Lebih lanjut dijelaskannya, jika kerusakan yang disebabkan oleh tumbangnya pohon hanya membuat kabel listrik di sekitar lokasi putus. "Cuma kabelnya saja yang putus di pas kaitan karena memang yang tertimpa pohon yang ukurannya cukup berat Selain itu nggak ada kendala teknis lainnya," pungkasnya.