Dokter hewan UB yang mengecek organ hati sapi yang telah disembelih di Polresta Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dokter hewan UB yang mengecek organ hati sapi yang telah disembelih di Polresta Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak 24 hewan kurban yang terdiri 18 ekor kambing dan enam ekor sapi,  disiapkan Polresta Malang Kota untuk dibagikan kepada masyarakat. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari sumbangan  seluruh jajaran Polresta Malang Kota.

Dari 24 hewan kurban tersebut, tiga sapi dan enam kambing, dilakukan penyembelihan di Polresta Malang Kota untuk dibagi ke warga sekitar Mapolresta Malang Kota. Sementara 15 hewan kurban sisanya didistribusikan ke masyarakat, baik di Pondok Pesantren (Ponpes), panti asuhan maupun warga masyarakat lain.

Baca Juga : Tersentuh Kesulitan Pemenuhan Data Internet, Rumah Aspirasi Jajuk Rendra Buka WiFi Gratis

"Yang disembelih di sini (Polresta) nantinya akan didistribusikan hari ini ke warga di sekitar Polresta secara door to door," ungkap Kasubaghumas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.

Lanjutnya, dalam penyembelihan ini, pihaknya juga bekerja sama dengan tim dokter kedokteran hewan dari Universitas Brawijaya (UB) untuk mengecek kondisi hewan dan kualitas daging seusai hewan kurban disembelih. "Dengan begitu kan bisa diketahui jika hewan kurban dalam kondisi sehat, sehingga daging benar-benar layak dibagikan ke masyarakat," jelasnya.

Dari kondisi hewan kurban yang disembelih di Polresta Malang Kota, setelah dicek oleh tim kedokteran hewan dari UB, hewan kurban dalam kondisi baik.

Pengecekan dilakukan dengan dua tahapan, yakni secara ante morthem atau sebelum disembelih dan juga secara post morthem sesudah hewan disembelih. Hasilnya, tidak ditemukan adanya kondisi hewan yang sakit ataupun mengalami kelainan.

"Setelah dicek kondisi fisiknya baik. Kemudian dicek organ hati, paru-paru maupun jantungnya juga dalam kondisinya baik, tidak ada temuan penyakit, atau pun cacing hati pada hewan kurban," bebernya.

Baca Juga : Cegah Takbir Keliling, 300 Personel Gabungan Amankan Malam Takbir Idul Adha

Sementara itu, terkait kesehatan pihaknya menyarankan, ke depan dalam pemotongan daging kurban untuk dibagi, diharapkan untuk dilakukan di atas meja bukan di gelaran alas terpal.

"Ya ini untuk menjaga-jaga saja, agar semakin higienis, pemotongan daging untuk dibagi sebaiknya dilakukan di atas meja. Kalau kemasannya sudah bagus, menggunakan plastik bening atau transparan," pungkasnya.