Petugas Polresta Malang Kota saat memberikan pembinaan kepada 20 lebih pemuda yang melanggar lalu lintas. (Istimewa)
Petugas Polresta Malang Kota saat memberikan pembinaan kepada 20 lebih pemuda yang melanggar lalu lintas. (Istimewa)

MALANGTIMES - Minggu dini hari (26/7/2020) sekitar pukul 01.00 WIB, Satlantas Polresta Malang Kota mengamankan 20 lebih pemuda di halaman mapolresta. Para pemuda tersebut diamankan petugas dari kawasan Jalan Ciliwung.

Bukan tanpa sebab mereka diamankan di Mapolresta Malang Kota. Puluhan pemuda tersebut merupakan pemilik kendaraan yang tidak sesuai standar.

Baca Juga : Perhatikan 7 Pelanggaran yang Jadi Sasaran Tilang Operasi Patuh Semeru 2020

"Para pemuda itu terjaring saat petugas melakukan patroli di kawasan SPBU Jalan Ciliwung. Di situ petugas melihat ada kumpulan pengendara motor yang berkerumun. Oleh petugas langsung didatangi," jelas Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution.

Begitu dilakukan pengecekan oleh petugas, didapati kendaraan para pemuda tersebut kebanyakan kendaraan yang tak layak jalan. Termasuk ketika diperiksa dokumen-dokumen kendaraan, baik STNK maupun SIM, beberapa pemuda tak bisa menunjukkan dokumen kelengkapan kendaraan.

"Ada yang tak pakai spion, knalpot brong, hingga pelat nomor kendaraan yang tidak terpasang dan juga surat-surat kendaraan," ucap kasatlantas.

Sebagai efek jera, oleh petugas, kemudian pengendara itu langsung diberi surat tilang. Sebanyak 20 kendaraan yang tak layak jalan ataupun tidak memiliki kelengkapan kendaraan diamankan petugas.

"Para pemuda itu sendiri juga diberi pembinaan dan sosialisasi agar patuh terhadap aturan lalu lintas demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, mereka  kami beri imbauan terkait dengan protokol kesehatan," ungkap Ramadhan.

Baca Juga : Seminggu 400 Kendaraan Ditilang, Harley Davidson Tak Luput dari Razia

Sementara itu, selain 20 lebih pemuda yang diamankan dan diberi tindakan tilang, petugas juga melakukan penilangan terhadap 32 pelanggar lainnya pada hari yang sama. Ke-32 pelanggar tersebut juga terjaring pemeriksaan di kawasan Jalan Ciliwung.