Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya Punjul Santoso saat meninjau lokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya Punjul Santoso saat meninjau lokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu.

MALANGTIMES - Kecamatan Bumiaji bakal memiliki layanan kesehatan tambahan berupa puskesmas, taman herbal, dan Rumah Sakit Mata. Pendirian ke tiga fasilitas saat ini masih dalam proses kajian. Rencananya, fasilitas tersebut bakal dibangun di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. 

Layanan kesehatan itu utamanya didekatkan dengan masyarakat, karena akses menuju puskesmas yang ada di Desa Pandanrejo, cukup jauh. “Penambahan layanan kesehatan ini supaya warga di Desa Tulungrejo dan Desa Sumber Brantas aksesnya lebih dekat,” kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. 

Baca Juga : Kembali Aktif, Warga Netra RSBN Jalani Rapid Test

Ia menambahkan ke tiga fasilitas itu dibangun di tas tanah kas desa. “Untuk penggunaan tanah kas desa ini nanti ada kompensasi untuk warga,” imbuhnya. 

Hanya saja pembangunan itu bisa dimulai jika proses administrasi tanah selesai. “Setelah proses administrasi selesai baru bisa dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari. 

Proses administrasi itu mulai dari status penetapan tanah dari Pemkot Batu, jika tanah digunakan untuk pembangunan puskesmas. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan dan pembuatan Detail Engineering Design (DED). “Kalau proses terkait tanah sudah selesai baru pada tahapan DED dan perencanaannya,” tutupnya.

Baca Juga : Masih Ada 1.171 ODR Berstatus Pemantauan di Kota Batu, Total 12 PDP Meninggal Dunia

Sementara itu penambahan puskesmas itu dikarenakan selama ini Kecamatan Bumiaji hanya memiliki satu puskesmas yang berada di Desa Pandanrejo. Dengan adanya penambahan satu puskesmas di Bumiaji, maka Kota Batu memiliki 6 puskesmas.