Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Humas Pemkot Batu)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Humas Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai di tengah pandemi Covid-19. Namun Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengimbau agar Masa Pembelajaran Sekolah Lingkungan (MPLS) tetap dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

“Kita semua tahu saat ini seluruh elemen negara, mulai dari ibu kota dan daerah sedang berjuang menanggulangi covid-19. Namun demikian kita tidak boleh pasrah hanya menunggu dan menyaksikan saja terlebih lagi institusi pendidikan,” ucap Dewanti.

Baca Juga : Dindik Jatim Beri Kesempatan MPLS SMA/SMK Kunjungan Sekolah 2-3 Jam

Ia menambahkan, meski di tengah pandemi dunia pendidikan tetap harus berjalan dengan berbagai pola. Di antaranya melalui pembelajaran online, daring, maupun melalui whatsapp. 

“Selama belum ada keputusan dari pemerintah terkait dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, saya mengimbau agar tetap dilaksanakan dengan cara daring,” katanya.

Untuk mendukung kegiatan belajar itu sangat penting fasilitas dari pihak sekolah dan pendampingan orangtua saat di rumah. Menurutnya MPLS merupakan kegiatan yang penting karena di sana siswa dibimbing untuk mengenali lingkungan sekolah, para tenaga pendidik, hingga budaya akademik sekolah tempat anak anak belajar.

“Saya yakin meskipun MPLS tidak dilaksanakan langsung di sekolah, anak-anak diharapkan bisa mengenal lingkungan sekolah,” ujar istri Eddy Rumpoko ini.

Baca Juga : Khofifah Minta Pembuatan Face Shield Jadi Bagian MPLS SMA/SMK Jatim

Bagi Dewanti pelajar saat ini adalah generasi tangguh lantaran menjalani pendidikan di era pandemi tanpa harus datang ke sekolah. “Karena bagi saya mereka ini generasi tangguh, sebab mengawali pendidikan di era pandemi,” ucapnya.

“Dan ini suatu tantangan yang dapat dijadikan pemacu dalam berkreasi dan berinovasi sebagai generasi bangsa yang akan datang,” tutup Dewanti.