Peta sebaran  covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)
Peta sebaran covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)

MALANGTIMES - Bukan hanya angka positif covid-19 di Kota Batu yang mengalami lonjakan. Angka pasien sembuh juga terus  naik. 

Kamis (9/7/2020), misalnya, terdapat dua pasien sembuh di Kota Batu. “Ada tambahan sembuh dua orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori. 

Baca Juga : Bukan Nakes, tapi Pasien Positif Covid-19 Seorang Pegawai Biasa di RS UMM

Ia merinci dua tambahan pasien itu berada dari Kecamatan Bumiaji. Yakni C-19 asal Desa Giripurno dan C-95 asal Desa Pandanrejo.

Khusus C-95, dia  dinyatakan posirif oleh Dinas Kesehatan Kota Batu pada Kamis. Namun, dia sudah dinyatakan sembuh dari covid-19 pada hari yang sama.

“Ada kesalahan data dengan Provinsi Jatim. Yang bersangkutan saat sakit dirawat di RS Lavalette. Namun datanya tidak terkonfirmasi ke Dinkes Batu,” imbuh Chori.

“Baru diketahui datanya setelah yang bersangkutan dilaporkan sembuh sehingga harus tetap tercatat sebagai pasien positif dan pasien yang dinyatakan sembuh dari konfirm,” tambah Chori. 

Dengan demikian, saat angka pasien sembuh di Kota Batu sudah mencapai 30 orang. Rinciannya, di Kecamatan Batu ada 7 orang, Kecamatan Bumiaji sejumlah 18 orang, dan Kecamatan Junrejo terdapat 5 orang.

Sehingga, kini tersisa 62 orang yang positif dari jumlah akumulatif 99 orang. Rinciannya, 14 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit, 25  menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, 23 orang isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru, dan 7 orang meninggal dunia.

Baca Juga : 4 Lagi Warga Batu Sembuh dari Covid-19, Total Sudah 29 Orang

Sedangkan untuk peta sebaran covid-19 seluruhnya, orang dalam risiko (ODR) ada 8.399 orang. Rinciannya,  1.001 orang dalam pemantauan dan  7.398 orang selesai dipantau. 

Orang tanpa gejala (OTG) sejumlah 429 orang. Rinciannya, 75 masih dipantau dan 353 selesai pemantauan. Lalu orang dalam pengawasan (ODP) sejumlah 339 orang. Rinciannya, 19 masih dipantau dan 320 selesai pemantauan. 

Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP), terdapat 130 orang. Rinciannya, 42 dalam pengawasan, 77 orang selesai pengawasan, dan 11 orang meninggal dunia.