Direktur Jenderal Pemasyarakatan Komjen Pol Reynhard Silitonga (tengah), saat menjelaskan upaya pemerintah dalam mencegah para warga binaan kembali melakukan tindakan kejahatan
Direktur Jenderal Pemasyarakatan Komjen Pol Reynhard Silitonga (tengah), saat menjelaskan upaya pemerintah dalam mencegah para warga binaan kembali melakukan tindakan kejahatan

MALANGTIMES - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Komjen Pol Reynhard Silitonga menaruh harapan besar kepada warga binaan yang mengikuti program asimilasi bisa mandiri dan membaur dengan masyarakat. Hal itu sebagaimana diungkapkan Reynhard saat berkunjung ke Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE ) Lapas I Malang, Selasa (7/7/2020) sore.

”Di sini (SAE Lapas I Malang, red) merupakan tempat untuk warga binaan asimilasi, di mana di tempat asimilasi ini juga bisa menjadi edukasi bagi warga binaan,” kata Reynhard saat ditemui media online ini usai melakukan peninjauan di sarana asimilasi yang berlokasi di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Ini Tanggapan Dirjen Perikanan Tangkap KKP atas Cuitan Susi Soal Ekspor Benih Lobster

Dengan keberadaan SAE ini, Reynhard berharap jika para warga binaan disana nantinya bisa mandiri dan membaur dengan masyarakat, setelah selesai menjalani masa tahanan atas kasus hukum yang mereka jalani. 

”Sehingga dengan program asimilasi dan edukasi yang dilaksanakan di sini bisa menjadikan para warga binaan untuk bisa hidup mandiri, kemudian bisa bergabung dengan masyarakat dan bisa berkehidupan yang layak,” ungkap pria lulusan Akpol (Akademi Kepolisian) tahun 1989 ini.

Dengan begitu, lanjut Reynhard, para mantan warga binaan yang pernah dibina di SAE tersebut bisa fokus untuk menghidupi dirinya maupun keluarganya. 

”Harapannya mereka (narapidana, red) tidak lagi kembali melakukan kejahatan, ini yang baik dan sangat baik sekali. Kedepan kita akan terus kembangkan untuk bisa lebih maju lagi,” ujarnya. 

Sebagai informasi, dalam peninjauan kali ini Reynhard juga didampingi oleh Staf Khusus Menkumham, Ian Siagian, Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Krismono dan Kalapas Malang Agung Krisna. 

Baca Juga : Kegeraman Susi Pudjiastuti Tanggapi Eksportir Benih Lobster Resmi Dapat Izin: Siapa Mereka

Dari pengamatan awak media, beberapa fasilitas mulai dari lahan untuk bercocok tanam, hingga peternakan dan budidaya ikan tidak luput dari peninjauan Direktur Jenderal Pemasyarakatan beserta rombongan. 

Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono, menuturkan jika pihaknya bakal memberikan atensi khusus terkait pembangunan SAE Lapas I Malang. 

Menurutnya, sejak menjabat pada bulan Februari 2020 lalu, pihaknya sudah 4 kali melakukan peninjaun guna memastikan pembangunan dapat berjalan seperti yang sudah ditentukan. ”Kami pastikan tahun ini sudah bisa diresmikan," pungkasnya.