Proses pelayanan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kedungkandang yang sudah dilengkapi dengan penyekat. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Proses pelayanan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kedungkandang yang sudah dilengkapi dengan penyekat. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Proses pemeriksaan kesehatan di Puskesmas selama masa pandemi Covid-19 di Kota Malang mulai berubah.

Selain pelayanan melalui sistem virtual, nampaknya masyarakat Kota Malang masih tetap menjadikan Puskesmas sebagai tujuan pertama dalam memeriksakan kondisi tubuhnya.

Baca Juga : Angka OTG Terus Melonjak, Wawali Ingatkan Warga Kota Malang untuk Tetap Disiplin

Hal inilah yang menjadikan layanan kesehatan di Kota Malang tetap dibuka seperti biasa, namun dengan aturan baru.

Yakni dengan protokol kesehatan Covid-19, mulai penyediaan alat cuci tangan, bilik disinfektan, pemeriksaan suhu hingga pemberlakuan sekat untuk membatasi kontak antar pasien dan petugas kesehatan (nakes).

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan hal tersebut diterapkan untuk mencegah adanya penyebaran penularan Covid-19.

"Jadi di Puskesmas itu diberikan beberapa perlindungan. Jadi ada partisi atau penyekat untuk memeriksa setiap pasien," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari situ setiap pasien yang akan melakukan pemeriksaan ke Puskesmas akan di arahkan dengan ketat. "Sehingga pasien masuk ke ruang periksa itu ada sekatnya," imbuhnya.

Baca Juga : 125 Orang di Rapid Test di 2 Lokasi, 1 Orang Dikirim ke Ruang Isolasi

Langkah ini sebagai upaya untuk mencegah adanya penularan virus baik dari pemeriksa ataupun terhadap yang diperiksa. Dengan kata lain, pasien tetap bisa dengan aman dan nyaman saat harus menjalani pemeriksaan di layanan Puskesmas di Kota Malang.

"Jadi masyarakat tetap bisa berkunjung ke Puskesmas dengan penerapan partisi kayak mika itu. Ini sebagai salah satu pencegahan, supaya yang memeriksa tidak menularkan ke yang diperiksa. Dan yang diperiksa juga terhindarkan dari menularkan kepada yang memeriksa," tandasnya.