Kabinet Indonesia Maju (Foto: Tribun Mataram)
Kabinet Indonesia Maju (Foto: Tribun Mataram)

MALANGTIMES - Isu reshuffle kabinet di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin kian ramai. Berbagai pendapat hingga survei dari beberapa pihak pun mulai bermunculan.  

Bahkan, sempat beredar nama-nama kabinet baru setelah direshuffle. Selain itu, sejumlah nama menteri yang dianggap layak untuk direshuffle pun beredar ke publik.  

Baca Juga : Fadli Zon Tanggapi Video Kapal Asing di Natuna, Warganet Soroti 2 Menteri dari Gerindra

Kali ini giliran nama-nama menteri yang diprediksi aman alias tidak terkena reshuffle. Nama-nama tersebut disampaikan oleh Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio.  

Menurut Hendri terdapat lima menteri yang layak dipertahankan. "Yang bertahan mungkin Prabowo, Erick Thohir, Basuki dan Retno," ujarnya.  

Lantas Hendri pun menjelaskan alasan mengapa keempat menteri tersebut layak untuk dipertahankan. Hendri menjelaskan Prabowo layak dipertahankan karena banyak terobosan dan perbaikan yang baik di Kementerian Pertahan.  

Kemudian Erick Thohir yang dinilai telah melakukan banyak hal baik dalam memperbaiki Kementerian BUMN termasuk dalam penanganan Covid-19. Sementara, Basuki Hadimuljono merupakan menteri andalan Jokowi untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sedangkan Retno Marsudi dinilai telah melaksanakan tugas Menteri Luar Negeri dengan baik. Selain keempat menteri tersebut, Hendri menyebutkan satu nama menteri lagi yang layak dipertahankan, yakni Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga : Masyarakat Ingin Yasonna Kena Reshuffle, Survei Tunjukkan 10 Nama Menteri yang Layak Ganti

"Bambang juga menteri andalan Jokowi, termasuk jajaran menteri paling loyal," papar Hendri.  

Diketahui sebelumnya, isu reshuffle kabinet ini muncul sejak Jokowi menegur para menterinya pada 18 Juni lalu. Jokowi meluapkan amarahnya kepada para menteri karena dianggap tak bisa bekerja secara maksimal, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.