Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Dalam berbagai riwayat dijelaskan jika Rasulullah SAW memiliki begitu banyak keistimewaan. Salah satu mukjizat yang dimiliki Rasulullah SAW adalah ludah beliau yang bisa menyembuhkan penyakit atau bahkan mengubah air asin menjadi tawar.

Di balik keistimewaan dan mukjizat yang dimiliki Rasulullah SAW itu, ternyata terdapat kisah unik dan lucu. Kisah itu terjadi saat seorang nabi palsu yaitu Musailamah hendak meniru mukjizat dan kelebihan yang diberikan kepada Rasulullah SAW.

Baca Juga : Macan Tutul yang Hunuskan Pedang Pertama Kali untuk Islam

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, nabi palsu yang bernama Musailamah sebelumnya telah bertemu dengan Rasulullah SAW. Saat bertemu, ia menyampaikan jika ia dengan 100 ribu pengikutnya akan masuk Islam.

Namun saat itu, Musailamah meminta jaminan untuk menjadi pengganti Rasulullah SAW jika Rasulullah SAW meninggal dunia. Berapa riwayat menyebutkan jika saat itu Musailamah meminta kedudukan sebagai seorang khalifah kepada Rasulullah SAW.

Maka Rasulullah SAW berkata, "Itu bulan di tanganku, semuanya adalah kehendak Allah SWT,".

Mendengar jawaban dari Rasulullah SAW, Musailamah pun kembali ke sukunya dan tidak beriman kepada Allah SWT. Orang-orang pun ikut dengannya dan diberikan kekuasaan.

Karena Musailamah sendiri merupakan kepala suku dengan kekayaan yang melimpah, sehingga banyak penduduk di tempat yang ia pimpin mengikutinya.

Hingga suatu ketika, Rasulullah SAW didatangi orang anshar yang menggali sumur dan airnya asin. Sampai lima galian yang dibuat, airnya pun tetap asin.

Baca Juga : Menag Keluarkan Panduan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19

Kaum anshar itu kemudian mendatangi Rasulullah SAW dan menyampaikan apa yang terjadi kepada mereka. Kemudian Rasulullah SAW meludahi salah satu sumber. Tak disangka, air yang awalnya asin pun berubah menjadi tawar.

Pengikut Musailamah pun mendengar cerita yang dialami kaum anshar tersebut. Maka para pengikut Musailamah saat itu meminta agar Musailamah melakukan seperti yang dilakukan Rasulullah SAW dan menjadikan sumur mereka menjadi manis.

Musailamah pun mendatangi sumur dan komat-kamit di antara sumber air tersebut. Lalu dia meludah dan air sumur berubah menjadi busuk, bahkan lebih busuk dari air kencing keledai.

Kisah tersebut menjadi pengingat bahwasannya Rasulullah SAW memiliki banyak kelebihan serta mukjizat yang luar biasa. Sehingga tak satupun bisa mengikuti sesuka hari mereka.