Bantuan yang diterima Pemprov Jatim
Bantuan yang diterima Pemprov Jatim

MALANGTIMES - Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dalam penanganan Covid-19 mendapat dukungan. Kali ini Pemprov Jatim menerima bantuan dari Persatuan Rumah Sakit BUMN atau Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (PIHC). Bantuan itu berupa obat antivirus  Favipiravir atau Avigan.

Ada 100 ribu tablet yang didonasikan kepada pasien Covid-19 melalui Gugus Tugas Provinsi Jatim.  Aviga ini sementara adalah satu-satunya obat antivirus yang sudah terbukti secara klinis membantu penyembuhan pasien Covid-19.

Baca Juga : Masker vs Face Shield, Mana yang Lebih Efektif Cegah Covid-19?

"Sampai saat ini, hanya obat ini satu-satunya yang bekerja aktif sebagai anti virus dan sangat efektif. Obat ini juga sudah lulus uji klinis dan disetujui oleh BPOM untuk diedarkan secara massal kepada publik" kata koordinator penelitian Rumah Sakit BUMN IHC, dr Dante Saksono Harbuwono, melalui teleconference di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at (3/7/2020). 

Obat ini diproduksi di Jepang, dan hanya tersisa 900 ribu tablet. Namun, Indonesia sendiri berhasil mendapatkan 500 ribu tablet, dan 100 ribu diantaranya dikirimkan ke Jatim.

“Obat ini adalah obat yang bekerja aktif sebagai antivirus. Obat aktif yang kita punya sebagai antivirus saat ini yang diberikan secara oral,” ucapnya.

Sementara itu Direktur Utama PIHC, Dr dr Fathema Djan Rachmat, SpB, MPH, menyampaikan, apresiasi untuk Pemprov Jatim yang sudah bekerja keras dalam upaya menangani pandemi Covid-19 di Jatim. 

Baca Juga : Viral Povidone-Iodine Bisa Lemahkan Keganasan Covid-19, Ini Kata Kadinkes Kabupaten Malang

"Mudah-mudah dengan kerjasama ini terutama di bidang riset bisa terus dilanjutkan. Supaya tujuan menurunkan angka kasus Covid-19 di Jatim tercapai,” ujarnya. 

Terpisah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut baik dukungan dari Persatuan Rumah Sakit BUMN DAN PIHC kepada Pemprov Jatim dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di masyarakat.