Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu (kanan) saat menghadiri konferensi video dengan Bappenas RI. (Bappeda Kota Malang for MalangTIMES).
Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu (kanan) saat menghadiri konferensi video dengan Bappenas RI. (Bappeda Kota Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang terus berupaya meningkatkan perekonomian. Pasalnya, pandemi covid-19 telah membuat roda perekonomian di Kota Pendidikan ini  terpuruk. 

Beberapa agenda dan kegiatan pun dilancarkan untuk bisa membuat kondisi Kota Malang pulih seperti semula. Untuk menyusun beberapa strategi, Pemerintah Kota Malang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang mencoba menyelaraskan rencana pemulihan ekonomi dengan pemerintah pusat. Salah satunya dalam agenda konverensi video bersama Bappenas RI, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga : Kukuh Usul UTBK Daring, Wali Kota Malang Khawatirkan Nasib Camaba Luar Kota

Agenda yang mengangkat tema Dampak Covid-19 dan Rencana Pemulihan Daerah tersebut dihadiri langsung Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang Dwi Rahayu beserta jajarannya, bertempat di kantor Bappeda Kota Malang.

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu menjelaskan, konferensi video tersebut menjadi salah satu acuan untuk menyelaraskan rencana pembangunan di setiap daerah. Terutama selama masa pandemi covid-19. Sebab, bagaimanapun, seluruh daerah harus melakukan berbagai upaya pemulihan untuk kembali pada kondisi semula.

"Terlebih saat ini proses Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Setiap rencana yang dibuat harus mengacu pada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," katanya, Selasa (30/6/2020).

Selama proses RKPD tersebut, Kota Malang terus melakukan penajaman terhadap program dan kegiatan pemulihan ekonomi, pengentasan kemiskinan (bansos), padat karya, pelatihan, hingga pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada. "Dan fokus saat ini sama dengan pusat, pemulihan kembali ekonomi dan kesehatan masyarakat," terangnya.

Lebih jauh Dwi menjelaskan, dalam agenda konferensi video tersebut, telah dipaparkan beberapa pengalaman setiap daerah tentang bagaimana upaya menangani pandemi covid-19. Langkah-langkah yang dipaparkan pun terus dimaksimalkan untuk bisa terus dilaksanakan Pemerintah Kota Malang. Tentunya dengan perencanaan yang lebih matang lagi.

Baca Juga : Maksimalkan Keterbukaan, Bappeda Kota Malang Terus Sempurnakan Inovasi Layanan Terpadu

Rencana pemulihan daerah untuk menanggulangi masalah pandemi covid-19 yang juga menjadi pembahasan khusus itu diharapkan mampu mengembalikan kondisi setiap daerah, terutama Kota Malang menjadi normal kembali.