Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menekan angka kasus positif Covid-19 dengan meminimalisir isolasi mandiri bagi pasien telah siap dijalankan.

Dalam hal ini, Pemkot Malang menyediakan safe house atau rumah isolasi khusus pasien Covid-19 di kawasan Jl Kawi. Rencananya, rumah yang berkapasitas menampung 54 bed ini akan beroperasional paling lambat besok (Selasa, 30/6/2020).

"Safe house kita Insya Allah hari ini, paling lambat besok sudah bisa diisi," ujar Wali Kota Malang Sutiaji di sela kunjungannya ke Kelurahan Kidul Dalem, Kota Malang, Senin (29/6/2020).

Penyedian rumah karantina tersebut dilakukan karena jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Malang semakin meningkat hingga mencapai angka 197 orang.

Dari total tersebut, pasien yang mendominasi dari klaster keluarga. Yang mana proses persebaran terjangkitnya berawal dari pelaksanaan isolasi mandiri di rumah yang kurang memadai atau tidak memenuhi syarat sebagai kategori rumah sehat.

Pemkot Malang dalam hal ini juga menyiapkan setidaknya 34 petugas yang akan standby di rumah karantina tersebut. Di antaranya, 26 tenaga kesehatan (Nakes), 1 ahli gizi, 5 bagian tata boga, 1 sanitarian, dan 1 rekam medis.

"Kami minta Nakes dari Kostrad dan tadi sudah di acc, hari ini sudah siap. Mereka semua akan membantu dalam perawatan isolasi ini," imbuhnya.

Rumah karantina ini diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan. Nantinya ketika dilakukan isolasi di satu tempat, maka pengawasan imunitas tubuh selama isolasi akan terpantau dengan maksimal.

Sehingga bukan hanya sebatas mengisolasi diri saja, melainkan juga bagaimana terkait makanan yang harus sesuai gizi seimbang hingga treatment penyembuhan dari pasien agar lebih cepat.

"Kenapa di satu tempat, pengawasan lebih mudah. Ada dua pengawasan, perilaku dia untuk hidup sehat dan tidak berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian bagaimana kemudian dia akan kita treatment kesehatan itu dan taat," tandasnya.