Tong sampah baru dari DLH Kota Malang untuk taman, hutan kota dan jalur hijau (DLH for MalangTIMES)
Tong sampah baru dari DLH Kota Malang untuk taman, hutan kota dan jalur hijau (DLH for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Di masa New Normal ini, DLH Kota Malang juga menyiapkan armada baru bagi petugas di bidang kebersihan taman dan jalur hijau. Armada yang dimaksud ini adalah tong sampah agar sampah tidak tercecer di jalanan.

Tahun 2020 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bidang ruang terbuka hijau (RTH) menyiapkan sejumlah tong sampah baru. Sebanyak 12 unit tong sampah 3 warna, 13 unit tong sampah tematik dan 10 tong sampah dorong yang akan digunakan di beberapa taman, hutan kota dan jalur hijau.

Baca Juga : Masuk Kemarau, Angin Kencang dan Kebakaran Hutan Intai Kota Batu

Sebelumnya, Kota Malang memang memiliki rencana untuk bebas dari sampah di mana DLH Kota Malang dalam hal ini sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani masalah sampah juga terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar sadar dalam membuang sampah.

"Tahun ini bidang RTH DLH ada pengadaan tong sampah dimana terdapat 12 unit tong sampah 3 warna, 12 unit tong sampah tematik dan 10 tong sampah dorong  diperuntukkan atau dipasang di beberapa titik taman kota, hutan kota dan jalur hijau," ujar Kepala Bidang (Kabid) RTH DLH Kota Malang, Kuncahyani.

Untuk tong tiga warna sendiri nantinya akan dipasang di taman dan hutan kota yang baru direvitalisasi seperti Taman Bungur Melati, Hutan Kota Polowijen, Hutan Kota Velodrome dan Taman Teluk Grajagan.

"Sedangkan untuk yang tematik dipasang di tempat khusus yang sudah ada sebelumnya, seperti di Taman Ijen, Taman Veteran termasuk jalur hijaunya, Hutan Kota Indragiri dan taman lingkungan seperti Taman Raung dan Taman Punten," jelas Kuncahyani.