Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Apresiasi Anugerah Insan Pers, Wali Kota Malang Serahkan Piala pada Jurnalis MalangTIMES

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Nurlayla Ratri

22 - Jun - 2020, 12:20

Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) saat menyerahkan penghargaan lomba karya jurnalistik Bapenda Kota Malang kepada jurnalis MalangTIMES Pipit Anggraeni, Senin (22/6). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) saat menyerahkan penghargaan lomba karya jurnalistik Bapenda Kota Malang kepada jurnalis MalangTIMES Pipit Anggraeni, Senin (22/6). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan piala penghargaan Anugerah Insan Pers 2020 yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang, Senin (22/6/2020) pagi pada jurnalis MalangTIMES Pipit Anggraeni. 

Pipit menjadi satu dari 9 pemenang lomba karya jurnalistik dan menjadi juara pertama dari kategori media online. 

Baca Juga : Target Masuk Nominasi APE, Kota Malang Susun Ranperda PUG

Para pemenang yang merupakan jurnalis cetak, televisi ataupun media online, mendapatkan piala penghargaan, sertifikat dan uang tunai usai memenangi lomba karya jurnalistik bertema Pencegahan Korupsi Dalam Rangka Peningkatan PAD Kota Malang. 

Penghargaan ini secara langsung diberikan oleh Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko kepada para jurnalis di depan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang saat apel pagi. 

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi para jurnalis yang telah menyabet juara dalam perlombaan tersebut. 

Menurut dia, media menjadi satu pilar untuk memberikan literasi kepada masyarakat, salah satunya kewajiban dalam membayar pajak. 

"Kami berikan apresiasi dan terima kasih. Salah satu pilar yang memiliki idealisme adalah media. Mereka memberi literasi kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban. Salah satunya adalah kewajiban membayarkan pajak," ujarnya. 

Dalam sambutannya, ia menjelaskan saat ini 80 persen pendapatan negara masih bergantung pada sektor pajak APBN atau APBD di daerah. Karenanya, perlu penguatan agar tidak terjadi kebocoran. 

"Media dalam hal ini bisa lebih bisa mengkritisi. Selain itu, ada inovasi yang saat ini masih dirasa masih stagnan ketergantungan pada BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) yang secara perlahan harus dikurangi dan sektor lain terus dikuatkan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Malang, Ade Herawanto berharap karya dari para jurnalis ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Bapenda Kota Malang untuk meningkatkan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Intinya semoga bermanfaat bagi para peserta baik yang menang ataupun tidak. Juga bermanfaat bagi Kota Malang, masyarakat dan petugas pajak," ungkapnya. 

Selanjutnya, Bapenda Kota Malang masih akan terus menggelar lomba karya jurnalistik do tahun 2021 mendatang. 

Baca Juga : Keren! Grand Final Duta Budaya dan Museum Kota Malang Digelar Virtual dengan Teknologi XR

Ke depannya, melalui lomba karya jurnalistik dapat memberikan inovasi bagi Bapenda dalam meningkatkan PAD untuk Kota Malang. 

"Lomba ini rutin kami lakukan. Karena kami juga butuh inspirasi dan inovasi dari rekan-rekan media untuk meningkatkan PAD," tandasnya. 

Untuk diketahui, dalam lomba karya jurnalistik Bapenda Kota Malang ini telah masuk 100 lebih karya.

Sementara kategori pelajar SMP, Total ada 83 karya dan kategori SMA terdapat 78. 

Sedangkan untuk kategori jurnalis baik TV, Online ataupun Cetak telah diikuti oleh 40 wartawan dari berbagai media. 

Karya-karya tersebut kemudian dinilai oleh para juri dari Forkopimda Kota Malang, mulai dari Kejaksaan Negeri Malang, DPRD Kota Malang, Kanwil DJP Jatim 3, hingga Wali Kota Malang. 

Sementara, juara dalam perlombaan yang digelar tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kategori Media Online
- Juara satu diraih jurnalis MalangTIMES, Pipit Anggraeni.
- Juara dua diraih jurnalis Surya Malang, Rifky Edgar.
- Juara tiga diraih jurnalis Malang Voice, Deny Rahman.

2. Kategori Media Cetak
- Juara satu diraih jurnalis Malang Post, Yudistira Satya 
- Juara dua diraih jurnalis Malang Post, Fransisca Angelina
- Juara tiga diraih jurnalis Memo X, Rahadi Adnil

3. Kategori Media Televisi
- Juara pertama diraih jurnalis Kompas TV, Hilda-Dedy
- Juara dua diraih jurnalis Arema TV, Jofa Safiq
- Juara tiga diraih jurnalis ATV, Saiful Akbar.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Nurlayla Ratri