Konferensi pers usai rapat koordinasi menuju new normal di Malang Raya yang dipimpin langsunh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Konferensi pers usai rapat koordinasi menuju new normal di Malang Raya yang dipimpin langsunh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Malang Raya masih masuk dalam kategori berisiko penyebaran covid-19. Untuk itu, masa transisi menuju New Normal di Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang masih akan berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Khififah Indar Parawansa dalam agenda rapat evaluasi transisi menuju New Normal Malang Raya yang digelar di Kantor Bakorwil Malang, Sabtu (20/6/2020) sore.

Baca Juga : Dituding Kurang Tegas, Satpol PP Beber Tindakan kepada Pelanggar Protokol Kesehatan

Dalam pertemuan itu, mantan Menteri Sosial tersebut menyampaikan, Kota Malang dan Kota Batu masuk dalam kategori orange. Sedangkan Kabupaten Malang masih dalam zona merah. Sehingga, ketiga daerah di Malang Raya tersebut diminta untuk terus melakukan pemetaan secara berkala.

"Malang Raya masih zona dengan risiko sedang, maka masih lanjut masa transisi. Akan menjadi new normal ketika sudah hijau," katanya.

Dia pun meminta agar seluruh elemen masyarakat saling bergerak bersama-sama mengatasi permasalahan ini. Dia juga mendorong agar para publik figur termasuk influencer turut berperan mengedukasi masyarakat mengenai protokol kesehatan yang baik dan benar.

"Saya minta warga Malang Raya patuh dengan cara selalu disiplin. Sebelum vaksin ditemukan, maka vaksin yang paling manjur adalah kedisiplinan," tambahnya.

Bukan hanya itu, Khofifah pun meminta agar seluruh kepala daerah di Malang Raya tak lengah dalam melakukan pemetaan. Kondisi setiap daerah agar selalu mendapat keseriusan dalam menekan penyebaran covid-19.

Baca Juga : Tak Pakai Masker Dominasi Pelanggaran di Kabupaten Malang, Sanksi Sosial Jadi Opsi

Sehingga, angka kasus konfirmasi positif covid-19 di Jawa Timur, khususnya Malang Raya bisa terus ditekan. Beberapa upaya yang dinilai berhasil agar diterapkan ke beberapa wilayah di Malang Raya.

"Agar zona hijau bisa tetap hijau dan tidak berubah menjadi kuning ataupun merah," paparnya.

Dia pun menginstruksikan agar setiap kepala daerah melakukan antisipasi terhadap kemungkinan yang terjadi selama transisi menuju new normal. Di antaranya seperti pembukaan pusat keramaian hingga pusat perbelanjaan agar diperhatikan untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan.