Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

26 PDP di Kota Batu Masih Tunggu Hasil Swab Covid-19

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Jun - 2020, 08:50

(Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
(Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Meski tidak tercatat ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, pada Sabtu (13/6/2020) di Kota Batu ada kenaikan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang.

Hingga saat ini, setidaknya ada 26 PDP yang masih menunggu hasil tes swab atau pemeriksaan lendir saluran pernapasan untuk memastikan positif atau negatif Covid-19.

Baca Juga : Sudah Ada 2.117 Penyintas Covid-19 di Jatim, Tingkat Kesembuhan Capai 28,55 Persen

Seperti diketahui, PDP dikriteriakan sesuai gejalanya, seperti demam, batuk, sesak napas, sakit tenggorokan.

Selain itu, dari hasil observasi ada saluran napas bawah yang terganggu serta terjadi kontak erat dengan penderita positif atau dari yang terjangkit.

Orang yang dinyatakan masuk kategori PDP akan menjalani proses observasi melalui proses cek laboratorium yang hasilnya akan dilaporkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI.

"Terjadi peningkatan pada jumlah ODR dan PDP, namun tidak pada masyarakat yang mengalami penambahan konfirm sebelumnya," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Jika sebelumnya jumlah PDP pada Jumat (12/6/2020) terdapat 85 orang, dengan bertambahnya 3 orang menjadi 88 orang.

Rinciannya dengan pengawasan 26 orang dan selesai pemantauan 53 orang.

Jumlah PDP itu tersebar di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Batu terdapat 2 orang warga Kelurahan Ngaglik, satu orang di Desa Sumberejo, dua orang di Kelurahan Temas, dan satu orang di Desa Sidomulyo.

Sedangkan di Kecamatan Bumiaji, tersebar di satu orang di Desa Bumiaji,Desa Bulukerto juga satu orang, Desa Giripurno ada 3 orang, satu orang di Desa Gunungsari, satu orang juga di Desa Punten, dan satu orang Desa Sumbergondo.

Dan untuk di Kecamatan Junrejo ada di Desa Pendem sebanyak tiga orang, satu orang di Kelurahan Dadaprejo, dan satu orang lainnya di Desa Junrejo. Dengan jumlah meninggal dunia mencapai 9 orang.

Selain tambah 3 PDP, lanjut Chori, dalam sehari jumlah orang dalam risiko (ODR) mengalami lonjakan yang signifikan.

Baca Juga : Sah! Setelah Ditinjau Dinkes Provinsi, RS Prima Husada Akhirnya Resmi 'Diistirahatkan'

Terdata ada tambahan 102 orang ODR, sehingga total ada 6.037 ODR jika ditambahkan dari hari sebelumnya sebanyak 5.935 orang.

Dengan rinciannya 2019 dalam pemantauan dan 4018 selesai pemantauan. Jumlah ODR tertinggi di Kecamatan Batu terdapat Kelurahan Ngaglik ada 348 orang, disusul Kelurahan Sisir sejumlah 286 orang.

Sedangkan di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Giripurno terdapat 47 orang, di Desa Bumiaji ada 32 orang, dan di Kecamatan Junrejo ada di Desa Beji sejumlah 69 orang. 40 orang warga Desa Mojorejo.

Sementara itu untuk jumlah orang tanpa gejala terdapat 289 orang, diantaranya 12 orang dalam pemantauan, 2 orang memilih isolasi di shelter, dan 276 orang selesai pemantauan.

Selain itu jumlah orang dalam pengawasan (ODP) ada 306 orang, dengan dalam pemantauan 8 orang, dan 298 orang selesai pemantauan.

Dan jumlah pasien konfirm Covid-19 mencapai 41 orang. 4 orang diantaranya warga Kelurahan Sisir, 21 warga Desa Giripurno, 4 warga Desa Pandanrejo, 3 orang warga Desa Beji, dan satu orang warga Desa Mojorejo.

Rinciannya, 7 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 2 orang isolasi di rumah, dan 24 isolasi di shelter. Juga 5 orang sembuh dari Covid-19, 2 orang diantaranya warga Desa Pesanggarahan, Kelurahan Temas, Desa Bulukerto, dan Desa Mojorejo.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri