Tim dari Pemkot Batu saat melakukan survei di salah satu hotel di Kota Batu, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Tim dari Pemkot Batu saat melakukan survei di salah satu hotel di Kota Batu, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Jasa penunjang pariwisata seperti penginapan, hotel, vila, homestay di Kota Batu sudah diperbolehkan buka oleh Pemkot Batu, namun dengan mengusulkan administrasi kesiapan protokol kesehatan. 

Hanya saja, saat beroperasi, ada sejumlah fasilitas yang belum boleh dibuka untuk sementara ini. “Meskipun sudah diperbolehkan, ada beberapa fasilitas yang tidak diperkenankan untuk dibuka sebagai upaya untuk pencegahan di tengah pandemi virus corona,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono. 

Baca Juga : Tambah Satu, Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Batu Jadi 5 Orang

Beberapa fasilitas yang dilarang untuk dibuka yakni kolam renang, spa, tempat karaoke, massage, gym, dan sebagainya. “Sementara fasilitas-fasilitas hotel tersebut tidak diperbolehkan untuk buka,” imbuhnya, Jumat (12/6/2020). 

Imam menjelaskan, pelarangan sejumlah fasilitas untuk dibuka itu karena rentan akan penularan covid-19. “Fasilitas itu rentan penularan, contohnya seperti mikrofon rentan, karena kalau dipakai lagi bisa saja tertular,” jelasnya. 

Seperti kolam renang lanjutnya, juga sangat rentan penularannya. “Sesuatu fasilitas yang kontak langsung sangat rentan dan cepat penularannya,” tambah Imam.  

Tidak hanya itu juga, restoran di hotel juga hanya pelayanan yang diperkenankan mengambil makanan. “Seperti restoran itu pengunjung juga gak boleh ngambil sendiri, harus pelayan yang melayani itu pun juga harus menerapkan jaga jarak,” kata pria yang juga Staf Ahli Pemkot Batu ini. 

Baca Juga : Nekat Beroperasi, Sejumlah Panti Pijat di Kota Malang Ditutup Paksa

Menurutnya hingga saat ini, bagi hotel yang ingin buka harus mengusulkan administrasi persyaratan protokol kesehatan. Setelah mengusulkan, kemudian diedukasi, lalu disurvei. Jika memenuhi syarat direkomendasikan untuk buka. 

“Rata-rata layak semua terutama yang besar-besar, setelah kami melakukan survei hingga saat ini,” tutupnya.