New Normal, Wisata Gunung Bromo Masih Tutup

Jun 10, 2020 19:04
Wisatawan saat berswa foto di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Foto: Istimewa).
Wisatawan saat berswa foto di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Sektor pariwisata, salah satu yang kena dampak Covid 19. Banyak objek wisata yang tutup karena ada kekhawatiran kunjungan dari wisatawan yang berkerumun bisa menimbulkan penyebaran Covid-19.

Namun, seiring dengan rencana penerapan New Normal atau Tatanan Baru  di tengah pandemi Covid-19 ini, sejumlah aktivitas di tempat pariwisata pun menyesuaikan diri. Banyak objek wisata yang mulai beroperasi. 

Baca Juga : Kabupaten Malang Siapkan Protap Kesehatan sebelum Objek Wisata Kembali Dibuka

Meski beberapa tempat wisata sudah ada yang mulai dibuka kembali, tapi untuk tempat wisata yang sering menjadi jujugan di Jawa Timir seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hal itu nampaknya belum diberlakukan.

Pasalnya, pengelola Balai Besar TNBTS masih belum berencana untuk membuka kembali akses wisata di Kawasan Gunung Bromo.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat menyatakan belum dibukanya kawasan tersebut karena pihaknya masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam hal ini, pengelola TNBTS masih berkoordinasi untuk menentukan langkah apabila akses wisata di kawasan Gunung Bromo kembali dibuka saat New Normal.

"Wisata BTS (Bromo Tengger Semeru) masih belum dibuka. Kita masih koordinasikan soal hal itu dan menunggu arahan, petunjuk, serta langkah-langkah untuk pembukaan wisata di masa new normal dari Jakarta," ujarnya.

Di samping itu, pengelola TNBTS juga masih menunggu rekomendasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur beserta pemerintah di empat daerah yang selalu menjadi akses menuju kawasan tersebut.

Yakni, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan.

Sebab, persoalan untuk membuka kembali area wisata BTS harus dipastikan berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan persiapan lainnya.

"Kesepakatan dan rekomendasi dari pemerintah daerah juga sangat penting. Ini menjadi perhatian kami (untuk membuka kawasan BTS kembali), berkaitan dengan protokol kesehatannya dan komitmen semua pihak," tandasnya.

Untuk diketahui, pengelola Balai Besar TNBTS sejak masa pandemi Covid-19 muncul telah menutup kawasan wisata sejak 19 Maret 2020 lalu. Hingga kini masih belum bisa dipastikan kapan area wisata yang menyuguhkan keindahan alam padang pasir tersebut akan dibuka kembali.

Topik
Berita Malang New Normal wisata gunung bromo Gunung Bromo masih di tutup Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem KSDAE KLHK

Berita Lainnya

Berita

Terbaru