Berawal dari Ngopi, Aksi Pemuda di Bareng Ini Patut Diapresiasi

Jun 07, 2020 16:52
Aksi sosial pembagian sayur gratis di RT8 RW8 oleh para pemuda setempat (Ist)
Aksi sosial pembagian sayur gratis di RT8 RW8 oleh para pemuda setempat (Ist)

MALANGTIMES - Di tengah gang sempit di Jalan Bareng Raya 2D, 
Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang ada hal yang patut diapresiasi. Begitu memasuki gang kurang lebih sejauh 50 meter pada Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WIB, terdapat tatanan paket-paket sayuran dalam plastik yang ditata di depan sebuah rumah salah satu warga.

Yang menarik, paket sayuran tersebut bukan untuk dijual, melainkan untuk dibagikan secara gratis untuk siapa saja warga yang membutuhkannya. Di situ juga terpampang spanduk sayur gratis ambil secukupnya, indahnya kebersamaan, jangan takut miskin karena berbagi.

Baca Juga : Dua RW di Tlogomas Dapat Acungan Jempol Polisi dan TNI, Kenapa Ya?

 

Hal itu ternyata merupakan aksi sosial yang diinisiasi oleh para pemuda di Jalan Bareng Raya RT 8 RW 8, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian para pemuda akan kondisi kesulitan masyarakat di tengah keterbatasan saat pandemi Covid-19 yang masih belum diketahui kapan berakhirnya.

100 lebih paket sayuran yang terdiri dari,  wortel, sawi, kangkung, kubis, tomat, cabai kentang hingga lauk tempe, setiap hari Minggu rutin mereka bagikan secara gratis tanpa syarat kepada masyarakat RW 8 maupun masyarakat dari luar RT ataupun RW.

"Siapa yang butuh boleh ambil, kan kadang ada juga orang yang gengsi, akhirnya ya sempat antar-antarkan juga. Yang terpenting di sini ambil secukupnya," Jelas Joko Setyo dan juga Yudi Hariyanto yang mengawali kegiatan tersebut (7/6/2020).

Aksi sosial berbagi sayuran tersebut, ternyata sudah ke empat kali dilakukan oleh para pemuda di RT 8 RW 8. Berawal dari seringnya nongkrong ditemani kopi beberapa waktu lalu saat pandemi mulai merebak, timbul kegelisahan di hati para muda-mudi tentang dampak Covid 19 yang mengena pada semua aspek.

"Saat itu kita ngobrol-ngobrol ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat, kita ingin lakukan sesuatu untuk masyarakat, ya akhirnya kita sepakat membagikan sayur gratis. Awalnya ya cuma tiga orang saja, patungan, tapi lama-lama semakin berkembang dan banyak donasi," bebernya.

Lanjutnya, setelah kegiatan pertama berjalan, akhirnya tak lama semakin banyak donasi yang berdatangan. Bahkan donasi tak hanya datang dari pada warga RW 8 saja, bahkan ada dari luar kota.

Baca Juga : Mesin Blower Diduga Sebabkan Kebakaran Gudang Kayu Karangploso

 

"Kalau awalnya kita kan pakai dana sendiri, terus kita belikan sayuran di Tumpang dan juga Karangploso, lama-lama kita bersyukur banyak yang donasi, termasuk dari RT juga mensupport kita," ujarnya.

Nantinya, dijelaskan Joko jika aksi sosial ini akan terus untuk diupayakan berkelanjutan meski wabah Covid-19 telah usai. Pihaknya ingin terus bisa memberikan kebermanfaatan dan sedikit meringankan beban dari masyarakat.

"Meskipun ada tidak donasi, sebisa mungkin akan kita terus upayakan berkelanjutan. Harapannya juga, hal ini bisa ditiru oleh teman-teman lain agar selalu peduli terhadap sesamanya sehingga semakin banyak pemuda yang melakukan aksi sosial," pungkasnya.

Topik
klojen kota malangCovid 19 malangCovid 19pembagian sayur gratisaksi sosialBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru