Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Hendak Kabur sambil Gondol Uang Kotak Amal, Marbot Masjid Ini Tendang Pelaku

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

07 - Jun - 2020, 13:26

Pelaku yang tertangkap warga (Ist)
Pelaku yang tertangkap warga (Ist)

MALANGTIMES - Aksi Samsul Arif (52) warga Talok, Turen, Kabupaten Malang, mencuri kotak amal masjid nyaris berhasil. Setelah Samsul berhasil mencongkel kotak amal masjid yang terletak di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu (6/6/2020). Serta menggondol uang kotak amal sebesar Rp 600 ribu, Samsul sudah merasa aman.

Sayangnya, aksi tak terpuji itu diketahui sejak awal oleh Marbot Masjid Al Irsyaddul Ibad, Sukari (50). Hal ini dikarenakan Sukari memang sudah bersiaga sejak awal setelah masjid pernah juga akan dibobol.

Baca Juga : Berniat Baik, Pemilik Warung Kopi di Malang Ini Malah Kena Tipu

googletag.cmd.push(function() { googletag.display("div-gpt-ad-1588825458332-0"); }); 

 

Saat Samsul akan menaiki motornya, Sukari langsung menendang pelaku. Serta mengamankan dan memanggil warga sekitar lokasi kejadian.

"Pak Sukari ini kan tau karena sebelumnya sudah nyanggong dari dalam ruangan Marbot. Karena sebelumnya pernah juga pintunya masjid mau di cukit, makanya sekarang lebih waspada," jelas Budi Cahyono, warga sekitar lokasi kejadian, Minggu (7/6/2020).

Budi melanjutkan, aksi Samsul sejak pagi sebenarnya telah terpantau warga. Di mana pelaku sudah mondar-mandir, walau saat itu warga tak terlalu curiga.

Hingga menuju salat Zuhur selesai, pelaku masuk ke dalam masjid dengan gelagat mencurigakan. Sukari yang sudah waspada pun bersiaga dan mengawasi gerak gerak Samsul. Ternyata benar saja, saat itu pelaku kemudian langsung mencongkel kotak amal dan mengambil uang senilai Rp 600 ribu

"Begitu pelaku ini mau kabur naik motor, Pak Sukari ini langsung menendang pelaku, hingga jatuh. Selanjutnya dia langsung mengamankan pelaku ini, dan manggil saya karena di sekitar masjid sepi," ujar Budi.

Setelah itu, pelaku kemudian langsung diamankan warga dan sempat diintrogasi oleh warga. Pelaku mengaku bernama Samsul Arif warga Talok, Kabupaten Malang.

Saat ditanya, pelaku sempat mengelak tidak melakukan pencurian kotak amal namun setelah digeledah oleh warga baru ditemukan barang bukti

Baca Juga : Potong Dana Perjalanan Dinas, Mantan Pejabat Ini Dieksekusi Kejari Kota Malang

googletag.cmd.push(function() { googletag.display("div-gpt-ad-1588825614199-0"); }); 

 

"Pas kaosnya pelaku diangkat baru ditemukan uang yang dicuri oleh pelaku dari kotak amal langsung jatuh berserakan. Begitu juga obeng yang dibawa pelaku yang diduga memang digunakan untuk mencongkel kotak amal itu. Obengnya sepertinya juga sudah dimodifikasi," jelas Budi.

Beruntung bagi pelaku, kendati saat ini aksinya ketahuan oleh warga, warga masih bisa bersabar dan tidak menghakimi pelaku. Pelaku saat itu langsung diserahkan kepada pihak kepolisian Polsek Kedungkandang.

Sementara itu, Kapolsek Kedungkandang, AKP Yusuf Suryadi membenarkan kejadian tersebut. Namun dijelaskannnya, jika saat ini pelaku dilimpahkan ke Polresta Malang Kota.


Topik

Hukum dan Kriminalitas


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto