Ilustrasi petugas kesehatan penanganan Covid-19. (Foto: istimewa).
Ilustrasi petugas kesehatan penanganan Covid-19. (Foto: istimewa).

MALANGTIMES - Pasien positif Covid-19 di Kota Malang masih terus meningkat. Per tanggal 4 Juni 2020, tercatat ada penambahan sebanyak 5 pasien.

Jumlah tersebut menambah rentetan kasus positif Covid-19 di Kota Malang menjadi 58. Meski kabar baiknya, juga ada penambahan satu pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Artinya, dari total pasien positif Covid-19 saat ini, pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 22 orang. Yang masih menjalani perawatan baik isolasi mandiri ataupun di rumah sakit ada 33, dan yang meninggal dunia bertambah 1 menjadi 3 orang.

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto, menyatakan satu pasien yang dinyatakan sembuh merupakan seorang tenaga kesehatan (Nakes). Sementara, satu yang dinyatakan meninggal merupakan seorang warga biasa yang sebelumnya berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

"Yang sembuh ini dari Nakes, sedangkan seorang yang meninggal merupakan warga, laki-laki berusia 54 tahun dengan status sebelumnya PDP dan hasil swab-nya baru keluar hari ini dinyatakan positif Covid-19," terangnya.

Kemudian, untuk sisa tambahan pasien positif lainnya tercatat sebagai warga bisa. Satu orang merupakan laki-laki berusia 48 tahun yang mana melakukan swab mandiri sebelumnya dan diketahui hasilnya positif Covid-19.

"Lalu dua warga lainnya merupakan PDP di salah satu rumah sakit. Satu merupakan laki-laki berusia 60 tahun, dan satu lagi perempuan berusia 38 tahun. Hasil uji swab keduanya juga baru keluar hari ini," terangnya.

Sementara itu, di masa transisi menuju New Normal hari ke empat ini jumlah kasus Covid-19 kategori lainnya juga ada yang mengalami penambahan.

Kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat 2.186 pasien atau bertambah 45 dari hari sebelumnya. Kemudian, OTG (Orang Tanpa Gejala) juga bertambah 4 menjadi 462.

Sedangkan, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 920 atau bertambah 3 dari hari sebelumnya. Dengan rincian, 73 masih dalam tahap dipantau, 846 sudah selesai pemantauan, dan 1 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) juga totalnya 260. PDP yang dinyatakan sehat ada 143 orang, yang masih dalam perawatan ada 98, dan meninggal dunia sebanyak 19.