Pj Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, saat menjelaskan langkah yang akan diambil pemerintah untuk menangani wabah covid-19
Pj Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, saat menjelaskan langkah yang akan diambil pemerintah untuk menangani wabah covid-19

MALANGTIMES - Pejabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengaku siap untuk menindaklanjuti mandat pertama yang dia terima. Yakni terkait permintaan Bupati Malang, HM Sanusi untuk menekan angka covid-19 di Kabupaten Malang.

”Jadi nanti kita bersama-sama dengan ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Malang, untuk merealisasi apa yang disampaikan oleh bupati. Saya harus membantu bupati untuk menekan angka covid-19, karena wakil bupatinya tidak ada,” ungkap Wahyu Hidayat saat ditemui awak media usai menghadiri Sertijab (Serah Terima Jabatan) di Ruang Panji Pulangjiwo, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga : Plt Sekda Kab Malang Minta Pasar Perkuat Protokol Kesehatan di Masa Transisi New Normal

 

Sebagai informasi, berdasarkan data terbaru yang dihimpun Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang. Hingga Rabu (3/6/2020) sudah ada 85 kasus positif covid-19 di Kabupaten Malang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan 14 pasien lainnya telah meninggal dunia karena positif covid-19.

Atas dasar itulah, Bupati Malang meminta kepada Pj Sekda yang baru saja dilantik, untuk berkontribusi dalam memberantas wabah covid-19 di Kabupaten Malang.

Sebab meski sudah sempat menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), nyatanya kasus covid-19 di Kabupaten Malang tetap mengalami peningkatan.

Rinciannya, dari yang semula hanya 51 kasus, menjelang masa transisi new normal life jumlah pasien covid-19 di Kabupaten Malang, meningkat menjadi 77 kasus.

Tidak berhenti di situ, selama tiga hari masa transisi jumlah pasien covid-19 kembali mengalami peningkatan. Yakni menjadi 85 kasus pada Rabu (3/6/2020). Artinya mengalami peningkatan sebanyak 8 kasus dari sebelum adanya masa transisi new normal life.

”Karena sekarang kendalinya ada di TNI, Polri. Jadi kita akan bahu membahu untuk memback up TNI dan Polri, agar program new normal life ini bisa berjalan,” kata Pj Sekda Kabupaten Malang, saat ditanya perihal strategi yang akan dilakukan untuk menekan kasus covid-19 di Kabupaten Malang.

Sekedar diketahui, selain Perbup (Peraturan Bupati), saat memasuki masa transisi, struktur Satgas New Normal Life Kabupaten Malang memang mengalami perombakan.

Baca Juga : Selain Perbup, Struktur Satgas Selama New Normal Juga Dirombak

 

Dimana, untuk Komandan Satgas New Normal Life dijabat oleh Letkol Inf Ferry Muzawwad. Nantinya anggota TNI yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu itu, bakal bersinergi dengan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar yang menjabat sebagai Wakil Komandan Satgas New Normal Life.

”Kita akan sama-sama menghadapi pandemi ini, kita sekarang dimulai pada fase new normal life. Jadi kita akan sesegera mungkin menyesuaikan, agar program pemerintah terkait new normal ini bisa berjalan sesuai ketentuan,” ungkap Wahyu yang juga merangkap jabatan sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini.

Ketentuan yang dimaksud Wahyu tersebut, merupakan acuan kerja yang terlampir dalam Perbup Malang terkait masa transisi new normal life.

”Dalam Perbub itu sudah jelas, apa yang harus dilakukan, tahapannya seperti apa. Nantinya akan kita sesuaikan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Salah satunya dengan cara mendukung kinerja TNI Polri, dalam menertibkan protokol kesehatan selama new normal,” pungkasnya.