Tagar #BoikotWikipedia Trending Twitter (Foto: Twitter)
Tagar #BoikotWikipedia Trending Twitter (Foto: Twitter)

MALANGTIMES - Pagi ini Kamis (4/6/2020) Twitter dihebohkan dengan tagar #BoikotWikipedia. Tagar itu muncul karena halaman Wikipedia diketahui memberikan informasi soal pembantaian terkait PKI di Indonesia pada 1965-1966.  

Informasi tersebut rupanya telah disunting. Seperti diketahui, tulisan di Wikipedia bisa disunting siapa saja.

Namun, melihat informasi yang ditulis itu, netizen menganggap penyuntingan itu berisi informasi yang salah.  Disebutkan dalam informasi tersebut, PKI sebagai korban dan Soeharto diduga adalah dalang atas peristiwa G30S/PKI.  

Tak ayal, tagar #BoikotWikipedia langsung menjadi trending topic di Twitter.  Seperti yang diunggah oleh akun @Namaku_Anisa teekait gambar tangkapan layar Wikipedia tersebut.  

Di unggahan itu tampak terdapat lambang PKI dan foto Soeharto.  Selain itu terdapat tulisan "Dalam pembantaian 1965-66, yang menjadi korban adalah orang-orang yang menjadi bagian dari PKI serta orang-orang yang dituduh sebagai komunis." 

Sedangkan di bawah foto Soeharto ada keterangan "Soeharto diduga kuat sebagai dalang di balik pembantaian 1965-1966." 

Namun, dituliskan oleh pemilik akun melalui keterangan menyebut bahwa informasi itu telah menghilang dari Wikipedia. "Gambar ini hilang. Gambar logo hilang ,,,gambar Soeharto ilang, dan tuilisan di duga Soeharto dalang pembantaian hilang.... Hah #boikotwikipedia," tulis akun @Namaku_Anis. 

Gambar ini hilang.

Gambar logo hilang ,,,gambar Soeharto ilang, dan tuilisan di duga Soeharto dalang pembantaian hilang....

Hah #boikotwikipedia pic.twitter.com/fy6GAQQUMG

— Namaku Anisa (@Namaku_Anisa) June 3, 2020

Sontak saja, kesalahan informasi itu membuat netizen geram.  @mastolongfotoin :misalnya menulis, "Loh beneran ini di Wikipedia seolah PKI jadi korban Orba dan karena ada permasalahan di kubu TNI. Gila #BoikotWikipedia berani bener itu membenturkan antar TNI dengan membelokkan sejarah. Baru disunting hari ini, niat banget. Lindungi Negara Kami Ya Allah. #BoikotWikipedia." 

Kemudian @SuaraRakyat_RI  menulis, "Sejarah GESTAPU / G30S/PKI telah disunting 2 bulan yang lalu, antek Komunis telah mengedit fakta sejarah di @Wikipedia." 

@Theonecoser: "Wikipedia bisa diedit oleh siapa saja. Mungkin yang edit sejarah yang sebenarnya punya kepentingan." 

@zulkiflipohan_: "Wikipedia itu platform umum yang bisa ditulis dan diedit oleh siapa saja. Jadi kalo nyuruh #BoikotWikipedia cuma gara-gara dianggap menulis artikel yang salah tentang PKI, telusuri aja siapa penulisnya, bukan Wikipedianya."